JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Uji Kir Gratis Wonogiri, Pemohon Naik 50 Persen

Uji kir
Kadishub Wonogiri Waluyo memeriksa alat uji kir gratis Wonogiri. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebijakan baru berupa uji kir gratis Wonogiri ternyata disambut hangat pemohon.

Terbukti begitu digulirkan kebijakan uji kir gratis Wonogiri, pemohon kir melonjak. Jika dihitung kenaikan mencapai 50 persen dibandingkan dibandingkan sesaat sebelum kebijakan uji kir gratis Wonogiri diberlakukan.

Kepala Dinas Perhubungan alias Kadishub Wonogiri Waluyo mengatakan uji kir gratis Wonogiri sudah diterapkan sejak awal tahun. Hal itu berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

“Lalu sudah ada aturan turunannya juga di tingkat kabupaten. Uji kir tidak diamanatkan lagi untuk ditarik retribusi,” beber Kadishub Wonogiri Waluyo, Senin (15/1/2024).

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Drumband Bahana Giri Laksita SMPN 2 Wonogiri, Pukau Pengunjung Peringatan Hari Bhayangkara Kabupaten Jateng Tenggara

Menurut Kadishub Wonogiri Waluyo, ada peningkatan jumlah kendaraan yang mengikuti uji kir gratis Wonogiri pada awal tahun dibandingkan pada Desember 2023 lalu.

Pada Desember 2023, setiap harinya diperkirakan ada sekira 20 kendaraan yang menjalani uji kir. Begitu ada kebijakan uji kir gratis Wonogiri pemohon melonjak menjadi hingga 30 kendaraan perhari.

“Sekarang rata-rata 25 sampai 30 kendaraan dalam satu hari. Ada kenaikan tapi masih normal,” jelas Kadishub Wonogiri Waluyo.

Baca Juga :  Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik HRD, Panduan Lengkap

Disinggung soal pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi uji kir, Kadishub Wonogiri Waluyo menuturkan pada 2023 lalu target PAD dari pos tersebut sekira Rp 400 juta. Target itu juga sudah tercapai.

“Realisasinya tercapai. Kalau potensi pendapatan yang hilang, kita ikuti aturan yang ada. Yang penting kami tim teknis menjalankan regulasi yang ada. ‘Kan sudah aturan dari pusat dan daerah juga, kita jalankan amanat aturan yang ada,” tegas Kadishub Wonogiri Waluyo. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com