JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Wisuda Periode 2, Lulusan Diharapkan Jadi Duta UNS

UNS Surakarta meluluskan sebanyak 849 wisudawan, Sabtu (24/2/2024) di auditorium kampus setempat / Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menggelar Wisuda Periode 2 Tahun 2024, Sabtu (24/2/2024), di Auditorium kampus setempat. Upacara wisuda diikuti 849 wisudawan.

Dalam sambutannya, Plt Rektor UNS Chatarina Muliana berpesan kepada lulusan UNS untuk dapat berperan sebagai duta UNS yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Di mana pun para lulusan UNS berada dan bekerja, termasuk yang berada dalam posisi strategis, baik di pemerintahan, organisasi internasional, perusahaan negara maupun swasta dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa,” ujarnya.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Chatarina menambahkan, dunia kerja membutuhkan keahlian dan keterampilan akademik yang telah diperoleh di UNS sebagai hard skill, namun itu saja belum cukup jika tidak melakukan proses pembelajaran.

“Belajar sepanjang hayat adalah keniscayaan bagi kita yang memiliki keinginan untuk maju dengan terus mengembangkan diri. Pengembangan diri meliputi bagaimana kita tidak hanya terus meningkatkan hard skill, tetapi juga kita harus terus meningkatkan soft skill,” imbuhnya.

Menurut Chatarina, proses pembelajaran yang akan dilakukan di dunia kerja nanti, baik hard skill maupun soft skill harus dapat membentuk menjadi pribadi yang adaptif dengan pesatnya perubahan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca Juga :  Unik Siswa-Siswi Dari SMK Citra Medika Buat Busana Nusantara dari Barang Bekas

Sementara itu, dalam laporannya, Plt Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Ahmad Yunus menuturkan dalam wisuda periode 2 tahun 2024, UNS mewisuda 849 wisudawan. Diantara para wisudawan tersebut terdapat 165 wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian.

“Pada wisuda kali ini terdapat 2 wisudawan yang merupakan mahasiswa luar negeri berasal dari negara Jepang dan Timor Leste. Terdapat wisudawan dengan capaian luar biasa, diantaranya wisudawan tercepat Program Doktor diraih oleh Fafurida dari Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Ekonomi dengan lama studi 2 tahun 11 bulan,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com