JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Zakat
Penyaluran zakat fitrah dari SMKN 2 Ponorogo. Dok. SMKN 2 Ponorogo
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM SMKN 2 Ponorogo menyalurkan 3,2 ton beras zakat fitrah.

Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kebaikan dan kepedulian yang ditanamkan dalam ajaran agama Islam.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (26/3/2024),
jumlah zakat fitrah yang terkumpul di SMKN 2 Ponorogo mencapai 3.279 kg. Distribusi zakat tersebut terbagi dengan rincian: 855 kg untuk masyarakat umum, 310 kg untuk siswa yang membutuhkan, 1.365 kg untuk lembaga sosial/panti asuhan, dan 749 kg untuk lingkungan guru dan karyawan.

Penyaluran zakat fitrah bertujuan melatih siswa SMKN 2 Ponorogo yang beragama Islam untuk melaksanakan rukun Islam ketiga, yaitu membayar zakat. Lebih dari sekadar kewajiban, kegiatan ini memberikan pembelajaran mengenai hukum dan aspek-aspek zakat itu sendiri, serta manfaatnya bagi yang berhak menerima.

Baca Juga :  71 Mahasiswa DKV ISI Surakarta Gelar Aneka Ragam Karya di Rumah Banjarsari

Zakat fitrah merupakan bagian integral dari kewajiban seorang muslim. Melalui kegiatan ini, kami tidak hanya membayar zakat, tetapi juga melaksanakannya dalam praktik nyata. Kami berharap manfaat dari zakat ini dapat dirasakan oleh masyarakat yang membutuhkan,” beber Guru Pembimbing di SMK Negeri 2 Ponorogo Ahmad Ansor Ridwani.

Kepala SMKN 2 Ponorogo Farida Hanim Handayani menerangkan zakat fitrah memiliki tujuan yang sangat penting. Selain sebagai kewajiban agama, zakat fitrah juga merupakan ekspresi nyata dari kepedulian terhadap kesejahteraan sesama.

Baca Juga :  Begini Cara Menghitung Jarak Zonasi PPDB 2024 Bagi Siswa Baru SD, SMP, dan SMA

“Melalui pembayaran zakat fitrah, mereka turut berperan dalam memastikan bahwa setiap orang dapat merayakan Idul Fitri dengan kebahagiaan dan kecukupan,” sebut Kepala SMKN 2 Ponorogo Farida Hanim Handayani.

Pihaknya berharap kegiatan ini bisa menjadi inspirasi untuk turut berperan aktif dalam mewujudkan kebaikan dan kepedulian dalam masyarakat. Tidak hanya di bulan suci Ramadhan, tetapi juga sepanjang tahun. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com