JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Luhut Diminta Presiden Jokowi Koordinasikan Investasi Apple di IKN

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dalam acara peresmian PT Free The Sea di Batam, Kamis (9/3/2023) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai koordinator terkait investasi dari Apple Tim Cook untuk pengembangan Smart City di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Demikian diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang usai mendampingi Presiden Jokowi saat menerima kunjungan Chief Executive Officer atau CEO Apple Tim Cook di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

“Teknisnya (investasinya) di kementerian,” kata Agus, Rabu (17/4/2024).

Luhut sebelumnya bertanggung jawab sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi di IKN sejak Mei 2023. Luhut ditugaskan untuk mengkoordinasikan lembaga terkait agar percepatan investasi di IKN berjalan efisien.

Baca Juga :  Diubah jadi Makan Bergizi Gratis, Ini Sejumlah Kritik Terhadap Program Makan Siang Gratis dari Prabowo

Pemerintah terus mendorong nilai tambah dari investasi termasuk dari Apple. Skema investasi Apple di Indonesia selama ini dihitung melalui Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 35 persen.

Selain investasi di IKN, Presiden Jokowi juga mengharapkan Apple membangun manufaktur di Indonesia. Atau dengan menggunakan komponen yang diproduksi di Indonesia.

Cook mengungkapkan pihaknya membuka peluang untuk membangun pabrik di Indonesia. Bos perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat itu menyebut banyak potensi yang dapat dikembangkan dari Indonesia. Dalam keterangan usai pertemuan dengan Jokowi, dia menyebut Indonesia sebagai pasar penting bagi Apple.

Baca Juga :  Megawati Singgung Skandal MK di Rakernas V PDI Perjuangan, Istana: Itu Agenda Internal

“Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat banyak pabrik di negara ini dan itu adalah sesuatu yang akan kami upayakan,” kata Cook usai pertemuan lebih kurang selama satu jam.

Selama tahun lalu, 50 juta unit gawai diproduksi di Indonesia. Sebanyak 2,8 juta unit berhasil diimpor dengan 85 persen di antaranya produk-produk Apple.

Nilai impor gawai selama tahun lalu sebesar US$2 miliar atau setara Rp 34 triliun. Sementara dari tiga Apple Academy, investasi yang terhitung senilai Rp 1,2 triliun.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com