JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pengamat Sebut, Jokowi ke Medan untuk Bantu Menantunya Bobby yang Akan Maju Pilgub 2024

Presiden Joko Widodo berbincang dengn Walikota Medan sekaligus menantunya, Bobby Nasution saat Car Free Day (CFD) di Kota Medan, Sumatera Utara, Minggu (12/2/2023) | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bukan sebuah kebetulan silaturahmi Lebaran saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) jauh-jauh datang ke Medan.

Namun, kedatangan Jokowi dan ibu negara tersebut sebenarnya mengemban misi khusus terkait dengan rencana menantunya, Bobby Nasution yang akan maju dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2024 mendatang.

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin mengingatkan, silaturahmi hari Lebaran Presiden Jokowi dilakukan di tengah persaingan menantu Jokowi, Bobby Nasution dan Ketua DPD Partai Golkar Sumatara Utara, Musa Rajekshah (Ijeck) untuk maju sebagai calon Gubernur Sumut di Pilkada 2024.

“Bagaimanapun kalau Bobby ingin maju, harus kondusif semua,” kata Ujang saat dihubungi Tempo pada Jumat (12/4/2024).

Ujang menjelaskan sebagai Presiden, Jokowi masih bisa memanggil Ijeck untuk meminta supaya maju bersama dengan Bobby di Pilgub Sumut.

Kemungkinan Ijeck memenangkan Bobby bukan sesuatu yang mustahil. Sebab, apabila ingin menang, kata pengamat, internal Golkar di Sumatera Utara harus bersatu.

Baca Juga :  Jokowi Tak Diundang di Rakernas V PDIP, Tapi Sejumlah Menterinya Diundang

Bobby Nasution, yang saat ini menjabat Walikota Medan mendapat lampu hijau dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar untuk maju di Pilgub Sumut. Menantu Jokowi itu hadir di acara pengarahan kepada bakal calon dan wakil kepala daerah dari berbagai daerah untuk Pilkada 2024 di Kantor DPP Partai Golkar pada Sabtu (6/4/2024).

Ketua Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah DPD Partai Golkar Sumut, Riza Fakhrumi Tahir kemudian mengkritik klaim Bobby tersebut.

Fakhrumi mengatakan Bobby baru mendapatkan penugasan dan belum ditetapkan sebagai calon yang diusung. Apalagi, kata dia, Ijeck menjadi nama kuat dalam bursa cagub Sumut.

Pada Rabu (10/4/2024), dalam momen Idul Fitri, Bobby sempat meminta maaf jika ada yang tersinggung atas kehadiran dia di acara arahan bakal calon kepala daerah DPP Partai Golkar akhir pekan lalu. Bobby menyatakan dia sendiri dengan Ijeck tidak ada masalah.

Baca Juga :  Pas Kaesang Mau Njago, MA Perintahkan KPU Ubah Aturan Syarat Usia Minimal Calon Kepala Daerah, Tak Harus 30 Tahun

Istana Kepresidenan angkat bicara mengenai agenda Presiden Jokowi ke Medan, Sumatera Utara, mulai Kamis (11/4/2024).

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi menggunakan momen Idul Fitri untuk berkunjung, berkumpul, bersilaturahmi bersama keluarga, sahabat, hingga masyarakat umum.

“Seperti halnya setiap keluarga di Indonesia,” kata Ari dalam pesan singkat yang diterima Tempo pada Jumat (12/4/2024).

Bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi mengunjungi putrinya Kahiyang Ayu, menantunya Bobby Nasution, dan cucunya Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution.

Ari menjelaskan Presiden Jokowi merayakan lebaran bersama keluarga di Solo pada tahun lalu. Hari pertama Lebaran pada Rabu (10/4/2024),  Jokowi bersama keluarga di Jakarta, termasuk open house dengan masyarakat. Kemudian pada hari kedua Lebaran, Eks Wali Kota Solo mengunjungi anak-cucu di Medan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com