JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pesta Siaga Ranting Karangtengah Wonogiri, Gembira Semangat Inovatif dan Terampil

Pramuka
Pesta Siaga Ranting Karangtengah 2024. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting atau Kwaran 11.12.24 Karangtengah Wonogiri menggelar Pesta Siaga Ranting Karangtengah, Sabtu (20/4/2024).

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Ketua
Kwartir Ranting Karangtengah Darno mengungkapkan, salah satu upaya guna mewujudkan tujuan Gerakan Pramuka adalah dengan penyelenggaraan pesta siaga sebagai pertemuan besar pramuka siaga yang berjenjang dari tingkat kwartir ranting, kwartir cabang dan kwartir daerah.

Pesta siaga dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan dan menantang sehingga menjadi kegiatan yang sangat berkesan bagi para pramuka siaga yang menumbuhkan semangat dan rasa cinta terhadap kepramukaan nantinya.

“Tujuannya sebagai wahana pertemuan para Pramuka Siaga dengan kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan menantang mulai tingkat Kwartir Ranting, Kwartir Cabang dan Binwil. Kemudian membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka siaga, mengembangkan sikap terbuka dan antarpramuka siaga dengan tukar menukar pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan. Selanjutnya memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, serta kesadaran berbangsa dan bernegara.
Membentuk pribadi yang tangguh,mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri generasi sebelumnya.
Melatih ketahanan mental, jasmani, dan rohani,” ungkap Darno.

Baca Juga :  Ayo Ikut Gala Siswa Indonesia! Banyak Talenta Muda Sepakbola Berbakat di Wonogiri loh

Pesta Siaga Ranting Karangtengah 2024 dihelat mulai pukul 07.00 WIB – selesai
di SDN I Temboro. Kegiatan mengusung tema Siaga GESIT (Gembira, Semangat, Inovatif, dan Terampil).

“Kontingen peserta Pesta Siaga Ranting Karangtengah 2024 merupakan perutusan dari Gugus Depan SD,” jelas Darno.

Kegiatan-kegiatan di Pesta Siaga Ranting Karangtengah 2024 diarahkan untuk membina siaga menjadi pramuka yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum. Juga membentuk sikap disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani melalui kegiatan yang kreatif, rekreatif, kompetitif, dan edukatif.

Baca Juga :  Mau Uang 136 Juta? Syaratnya Harus Bernama Gendon dari Semarang, Bukan Uang Negara loh

Kegiatan Pesta Siaga Ranting Karangtengah 2024 mengandung unsur SESOSIF (Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik). Kegiatan dibagi ke dalam enam kelompok. Meliputi : Kegiatan Umum (Upacara Pembukaan, Upacara Penutupan, Permainan Besar Siaga), Kegiatan Keagamaan dan Kepribadian (Taman Ketakwaan, Taman Kerapian Berpakaian), Kegiatan Pengetahuan, Ketangkasan dan Keterampilan (Taman Bangga Jawa Tengah, Taman Gerak dan Lagu, Taman Scouting Skills, Taman Fun Bowling, Taman Lempar Kolong), Kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Seni Budaya (Taman Pentas Seni Budaya), Kegiatan Kepedulian Pramuka Siaga (Taman Bumbung Kemanusiaan, Taman Kebersihan Lingkungan), dan Kegiatan Kekinian (Taman Vlog).

“Penghargaan kejuaraan diberikan kepada barung tergiat/juara putra dan putri.
Bagi Barung Tergiat I putra dan putri tingkat Kwartir Ranting Karangtengah, berhak mengikuti Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang Wonogiri yang akan dilaksanakan pada 4 Mei 2024 di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri,” sebut Darno. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com