JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Semangat Tingkatkan Produksi Padi dengan Perluasan Lahan Tanam

Tanaman
Penanaman bibit padi di Bulukerto Wonogiri. Dok. Kodim 0728 Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bertekad untuk mewujudkan ketahanan pangan yang kokoh, Kodim 0728 Wonogiri melalui Danramil Bulukerto Kapten Inf Hengki Nurchayadi, menginstruksikan para Babinsa untuk mendampingi petani dalam program swasembada pangan di wilayah binaan mereka.

Sabtu (26/4/2024), terlihat Babinsa Serda Siswoyo, Koptu Agus, dan Kopda Heru bahu membahu dengan petugas PPL Kecamatan Bulukerto dalam kegiatan Penambahan Areal Tanam (PAT) di wilayah Kecamatan Bulukerto.

Semangat para Babinsa dan PPL ini patut diacungi jempol. Pasalnya mereka tak hanya memberikan arahan dan pendampingan, tetapi juga motivasi kepada para petani, seperti Bapak Pairin.

Baca Juga :  PPDB 2024 Jalur Zonasi, ini Aturan Jarak Rumah ke Sekolah

Sasaran PAT kali ini meliputi:

Desa Bulukerto: 2 Hektar (20%)
Desa Krandegan: 4 Hektar (40%)
Desa Tanjung: 5 Hektar (100%)
Desa Domas: 5 Hektar (50%)

Tak hanya pendampingan, para Babinsa dan PPL juga membantu petani dalam pengolahan lahan, pengajuan proposal bantuan Alsintan, benih padi, dan pupuk kepada Dinas Pertanian Wonogiri. Upaya ini bertujuan meringankan beban petani dan meningkatkan hasil panen mereka.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Babinsa dan PPL terhadap kesejahteraan petani di wilayah binaan,” ujar Serda Siswoyo.

Baca Juga :  Baru Pertama Ikut Lomba Sudah Sabet Juara, Kerennya Kelewatan ini

Dengan meningkatnya hasil panen, diharapkan pendapatan petani pun ikut meningkat, sehingga program swasembada pangan di Wonogiri dapat tercapai,” imbuh dia.

Kerja sama yang solid antara Babinsa, PPL, dan petani ini patut diapresiasi. Semangat mereka untuk mewujudkan ketahanan pangan di Wonogiri patut menjadi contoh bagi daerah lain. Dengan sinergi dan kerja keras, mimpi swasembada pangan di Indonesia bukan lagi hal yang mustahil untuk diraih. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com