JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Semarak Ramadhan, Memperkuat Iman dengan Beragam Aksi Nyata

Pesantren
Kegiatan Pesantren Ramadhan di SMPN 4 Pracimantoro Wonogiri. Dok. SMPN 4 Pracimantoro Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan. Di momen istimewa ini, SMPN 4 Pracimantoro Wonogiri menyelenggarakan Pesantren Ramadhan dengan tema “Perkuat Iman di Bulan Ramadhan”. Beragam kegiatan dan aksi nyata mewarnai kegiatan ini, membawa semangat keimanan dan ketaatan di kalangan siswa.

Melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (7/4/2024), Pesantren Ramadhan dilaksanakan Senin-Sabtu (25-30/3/2024). Sejumlah kegiatan dan aksi nyata mengisi Pesantren Ramadhan di SMPN 4 Pracimantoro Wonogiri, meliputi sholat duha berjamaah, mengaji Alquran, materi keagamaan, penerimaan zakat fitrah, aneka lomba keagamaan, sholat duhur berjamaah, hingga Emotional Spiritual Quotient (ESQ).

Pesantren Ramadhan dibuka Kepala SMPN 4 Pracimantoro Etist Saptarini. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa kita sudah beriman maka momentum bulan Ramadhan ini adalah waktunya kita memperkuat Iman.

“Anak-anak ini sudah beriman, maka bagaimana momentum Bulan Ramadhan ini kita manfaatkan untuk memperkuat Iman yang telah dimiliki,” ujar Kepala SMPN 4 Pracimantoro Etist Saptarini.

Baca Juga :  Razia HP Anggota TNI AD Wonogiri dan PNS, Hasilnya?

Dalam praktiknya selama Pesantren Ramadhan, setiap pagi, siswa dibiasakan melaksanakan sholat duha berjamaah, meneladani kebiasaan Rasulullah SAW. Sedangkan kegiatan mengaji Alquran dipimpin langsung oleh Wakhid Umar Sidiq dan Sri Suminten, salah satu tujuannya menumbuhkan kecintaan siswa terhadap kitab suci.

Khusus materi keagamaan disampaikan oleh Slamet Arifin, penyuluh fungsional Agama Islam di Kecamatan Pracimantoro dan assatidz pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al Fadhilah Sawahan Sedayu Pracimantoro. Materi yang dibahas meliputi Alquran dan Hadits, Aqidah Shohihah, dan Akhlak Karimah.

Semangat berlomba dalam kebaikan juga ditanamkan melalui berbagai lomba keagamaan dalam Pesantren Ramadhan di SMPN 4 Pracimantoro Wonogiri, seperti Lomba Da’i, Lomba Adzan, dan Lomba Cerdas Cermat Islam.

Selain itu OSIS SMPN 4 Pracimantoro, dibina oleh Nunuk Dwi Srianti, membuka kesempatan bagi siswa untuk membayar zakat fitrah selama pelaksanaan Pesantren Ramadhan. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa syukur dan semangat berbagi di kalangan siswa.

Di sisi lain, di gedung TIK SMPN 4 Pracimantoro Wonogiri, siswa diajak untuk merenungkan perjuangan orang tua melalui kegiatan ESQ yang dipandu oleh Noor Arisyah Pratomo dan Himawan. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk menjadi anak yang sholeh dan sholehah, membahagiakan orang tua di dunia dan akhirat.

Baca Juga :  Isi Liburan Sambil Cari Uang, Sederet Ide Bisnis Menguntungkan untuk Pelajar

Sebelum meninggalkan sekolah, siswa diwajibkan untuk melaksanakan sholat duhur berjamaah. Hal ini menjadi penekanan penting dalam membangun ketaatan dan kedisiplinan dalam beribadah.

Melalui Pesantren Ramadhan ini, diharapkan iman dan ketaatan siswa semakin kuat, membawa mereka pada keistiqomahan dalam menjalankan perintah Allah SWT. Semangat Ramadhan yang penuh berkah dan kebaikan pun diharapkan dapat terus terbawa dalam kehidupan sehari-hari, membawa manfaat bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Pesantren Ramadhan di SMPN 4 Pracimantoro Wonogiri menjadi contoh nyata bagaimana pendidikan agama dapat diimplementasikan dengan menarik dan bermanfaat bagi siswa. Dengan berbagai kegiatan dan aksi nyata, siswa diajak untuk tidak hanya memahami ilmu agama, tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com