JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Uji Coba PSASP SMP Digelar 22-27 April 2024, Akhirnya Terungkap Tujuannya

Uji Coba
Uji Coba PSASP di SMPN 3 Selogiri Wonogiri. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di Wonogiri Uji Coba PSASP (Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan) jenjang SMP serentak dilaksanakan pada 22 April–27 April 2024.

Menurut Kepala SMPN 3 Selogiri Harjoko penilaian pendidikan merupakan landasan utama dalam mengevaluasi kemajuan siswa dan efektivitas pembelajaran di setiap satuan pendidikan.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah seringkali melakukan berbagai metode atau cara.

“Salah satunya adalah Uji Coba PSASP. Inilah yang dilakukan oleh sejumlah institusi pendidikan, termasuk yang terbaru dilaksanakan oleh beberapa sekolah di berbagai wilayah,” ujar Kepala SMPN 3 Selogiri Harjoko, Senin (22/4/2024).

Lebih lanjut Kepala SMPN 3 Selogiri Harjoko menerangkan, tujuan dari penilaian sumatif akhir satuan pendidikan. Di antaranya mengukur pencapaian siswa secara komprehensif. Yakni melalui penilaian yang menyeluruh, sekolah dapat mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Baca Juga :  Lirik Lagu Obati Rinduku, Jauhnya Jarak Terbentang Takkan Pernah Jadi Penghalang

Selanjutnya menyediakan umpan balik yang akurat. Siswa dan guru mendapatkan umpan balik yang mendalam tentang kemajuan belajar mereka, membantu mereka untuk meningkatkan kinerja di masa depan.

Tujuan berikutnya menilai kualitas pembelajaran. Data yang diperoleh dari penilaian digunakan untuk mengevaluasi efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan di sekolah.

Uji Coba PSASP diharapkan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi semua pihak yang terlibat. Di antaranya peningkatan pencapaian siswa. Melalui umpan balik yang akurat, siswa dapat mengidentifikasi area di mana mereka perlu meningkatkan pemahaman mereka.
Pengembangan kurikulum yang lebih baik. Data penilaian membantu sekolah dalam mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa,” terang Kepala SMPN 3 Selogiri Harjoko.

Baca Juga :  Surga Kuliner, Daftar Makanan Khas Wonogiri yang Bikin Ketagihan

Manfaat berikutnya, peningkatan kualitas pengajaran. Guru dapat menggunakan data penilaian untuk menyesuaikan metode pengajaran mereka agar lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa.

Uji Coba PSASP adalah langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan mengoptimalkan proses evaluasi pendidikan, sekolah dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan mendukung bagi siswa mereka. Diharapkan, langkah ini akan membawa perubahan positif yang signifikan dalam dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Wonogiri. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com