JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Asrama Haji Donohudan  Boyolali Siap Terima Kedatangan Jemaah Calon Haji

Seorang pekerja tengah mempersiapkan tempat tidur bagi Calon Jemaah Haji (CJH) di Asrama Haji Donohudan | Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Persiapan terus dilakukan Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali, Jateng guna menyambut kedatangan jemaah calon haji (JCH). Hingga kini, persiapan sudah mencapai 90 persen.

“Kami terus berbenah menyambut musim haji 2024. Ditargetkan, semua fasilitas sudah siap 100 persen pada 8 Mei lusa,” kata  Kepala AHD Boyolali, Dyah Sri Mawarti, Senin (6/5/2024).

Dia menjelaskan, ruangan  untuk menyambut kedatangan, keberangkatan dan penginapan untuk JCH sudah disapkan. Termasuk menyediakan  1.925 tempat tidur untuk JCH. Penginapan disiapkan di Gedung Mekkah dan Madinah.

Pihaknya juga menyiapkan akses dan pelayanan ramah lansia dan difabel. Hal itu sesuai dengan pelaksanaan haji tahun ini yang ramah terhadap lansia. Untuk itu, pihaknya melakukan penambahan tenaga kerja.

Baca Juga :  Hujan Deras Mengguyur, Jalur SSB di Lereng Merapi, Selo, Boyolali Tertimbun Material Tanah Longsor

“Baik itu petugas kebersihan, perlengkapan dan berbagai kebutuhan lainnya,” imbuhnya.

Ditambahkan, target persiapan 100 persen diselesaikan tanggal 8 Mei terkait dengan kedatangan kloter pertama JCH pada tanggal 11 Mei. Dimana pada hari pertama tersebut ada lima kloter yang datang secara bergantian sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Tahun ini, jumlah kloter bertambah sehingga kami prioritaskan tempat penginapan bagi JCH. Tahun lalu hanya ada 95 kloter, namun tahun ini AHD melayani pemberangkatan sebanyak 100 kloter.

Baca Juga :  Ini Langkah Pemkab Boyolali untuk Dorong Kemajuan Bumdes

”Dengan total 33.524 JCH, baik dari Jateng maupun DIY.”

Sedangkan untuk penginapan, seperti sebelumnya menggunakan 3 lantai di Gedung Mekkah. Setiap lantai bisa menampung 385 jemaah sehingga total Gedung Mekkah bisa menampung sebanyak 1.155 jemaah.

Kemudian untuk Gedung Madinah, juga akan diprioritaskan bagi jemaah. Biasanya digunakan untuk jemaah haji satu lantai, satu lantai untuk satgas dan satu lantai untuk TPHD maupun PPIH. “Kini, satu lantai untuk satgas juga akan digunakan untuk jemaah,” ujarnya.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com