JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Hendak Mencari Ikan, Kapal Jungkung Milik Nelayan Gunungkidul Dihantam Ombak Tinggi, Begini Nasib Penumpangnya

Hendak Mencari Ikan, Kapal Jungkung Milik Nelayan Gunungkidul Dihantam Ombak Tinggi, Begini Nasib Penumpangnya Proses evakuasi korban pasca kapalnya dihantam ombak besar, pada Jumat (10/5/2024) | tribunnews GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS.COM – Berpenumpang tiga orang nelayan, sebuah perahu jungkung yang hendak mencari ikan di sekitar Tebing turi, Kalurahan Tileng, Girisubo, Gunungkidul dihantam ombak besar, sekitar pukul 05.30 WIB, Jumat (10/5/2024). Untung saja, tiga nelayan berhasil diselamatkan, yakni Rofiq (47) warga Lumajang Jawa Timur, Kiki Nova Saputra (31) warga Cilacap Jawa Tengah, dan Bayu (25) warga Girisubo, Gunungkidul. Dalam usaha penyelamatan, tiga orang korban saat itu sempat terombang-ambing di laut. Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi I Pantai Wediombo, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan, kejadian berawal pada waktu perahu Jungkung akan menarik jangkar di sekitar tebing. Namun, dikarenakan memang gelombang sedikit ada perubahan, tiba-tiba datang gelombang tinggi yang seketika menghantam perahu. "Akibatnya, perahu pun penuh terendam air,"ucapnya dalam keterangannya Jumat (10/5/2024). Ia menambahkan, melihat kondisi perahu yang sudah penuh dengan air. Para nelayan tadi pun memutuskan untuk menjauh dari perahu dengan berenang menggunakan benda-benda yang bisa buat mengapung. Setelah itu, pihaknya menerima laporan dari nelayan lain yang melihat kejadian. Tim SAR Sadeng langsung diturunkan menuju ke titik TKP. Sesampainya di TKP terlihat 3 nelayan sudah mengapung dan terombang-ambing di laut. "Itu kondisinya dalam kondisi hidup dan sudah memisah dari perahu yang terendam,"ucapnya. Kemudian tim SAR Sadeng langsung mengevakuasi ke tiga korban ke atas perahu, dan membawa mendarat ke Dermaga pantai Sadeng. "Tiga Korban dapat didaratkan di Pantai Sadeng dengan selamat pada pukul 08.00 Wib. Adapun kondisi korban dalam keadaan selamat dan sehat sehingga tidak perlu dilakukan tindakan medis,"urainya. #tribunnews
   

GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS.COM Berpenumpang tiga orang nelayan, sebuah perahu jungkung  yang hendak mencari ikan di sekitar Tebing turi, Kalurahan  Tileng, Girisubo,  Gunungkidul dihantam ombak besar, sekitar pukul 05.30 WIB, Jumat (10/5/2024).

Untung saja, tiga nelayan berhasil diselamatkan, yakni  Rofiq (47) warga Lumajang Jawa Timur,  Kiki Nova Saputra (31) warga Cilacap Jawa Tengah, dan  Bayu (25) warga Girisubo, Gunungkidul.

Dalam usaha penyelamatan, tiga orang korban saat itu sempat terombang-ambing di laut.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi I Pantai Wediombo, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan, kejadian berawal pada waktu perahu Jungkung akan menarik jangkar di sekitar tebing.

Baca Juga :  Viral, Gara-gara Pakai Kaos Sherdadu, Warga Sukodono Sragen Dikeroyok Gerombolan Orang Tak Dikenal (OTK)

Namun,  dikarenakan memang gelombang sedikit ada perubahan, tiba-tiba datang gelombang tinggi yang seketika menghantam perahu.

“Akibatnya, perahu pun penuh terendam air,”ucapnya dalam keterangannya Jumat (10/5/2024).

Ia menambahkan, melihat kondisi perahu yang  sudah penuh dengan air.

Para nelayan tadi pun memutuskan untuk menjauh dari perahu dengan berenang menggunakan benda-benda yang bisa buat mengapung.

Setelah  itu, pihaknya menerima laporan dari nelayan lain yang melihat kejadian.

Baca Juga :  Viral, Gara-gara Pakai Kaos Sherdadu, Warga Sukodono Sragen Dikeroyok Gerombolan Orang Tak Dikenal (OTK)

Tim SAR Sadeng  langsung diturunkan menuju ke titik TKP. Sesampainya di TKP terlihat  3 nelayan sudah mengapung dan terombang-ambing di laut.

“Itu kondisinya dalam kondisi hidup dan sudah memisah dari perahu yang terendam,”ucapnya.

Kemudian tim SAR Sadeng langsung mengevakuasi ke tiga korban ke atas perahu, dan membawa mendarat ke Dermaga pantai Sadeng.

“Tiga Korban dapat didaratkan di Pantai Sadeng dengan selamat pada pukul 08.00 Wib. Adapun kondisi korban dalam keadaan selamat dan sehat sehingga tidak perlu dilakukan tindakan medis,”urainya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com