JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Ikuti Kompetisi Nasional di Jakarta, Tim Bengawan UNS Usung Mobil Hemat Energi

Tim Bengawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bakal membawa mobil hemat energi untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2024 mendatang di Jakarta. Humas UNS
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tim Bengawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bakal membawa mobil hemat energi untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada bulan Juli 2024 mendatang di Jakarta. Saat ini, mobil hemat energi yang tengah dibuat telah mencapai 80 persen.

Menurut General Manager tim Bengawan UNS Adam Sulthoni Wibowo, mobil hemat energi yang tengah dibuat diberi nama Nirankara 2.0. Mobil tersebut dibuat menggunakan tiga roda dengan satu awak.

“Kita akan mengikuti ajang tingkat Asia Shell Eco-Marathon 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok dan lomba tingkat nasional Kontes Mobil Hemat Energi 2024 di Sirkuit Ancol Jakarta dengan Nirankara 2.0,” ujarnya, Selasa (28/5/2024).

Pada lomba yang sama tahun 2023 lalu, timnya mencatatkan skor 766 km/liter. Sementara itu, mobil Nirankara 2.0 merupakan penerus dari generasi sebelumnya.

“Untuk generasi terbaru ini bobot mobil lebih ringan. Kalau bobot mobil sebelumnya 60 kg, sedangkan bobot mobil ini 45 kg belum termasuk driver. Kendaraan ini berkategori prototipe gasoline,” terang Adam.

Ditambahkan Pembina UKM Tim Bengawan UNS Syamsul Hadi, melalui kendaraan tersebut diharapkan tim dapat meraih hasil terbaik pada kompetisi tersebut.

“Harapannya bisa lebih dari 750 km/liter, kalau bisa mendekati 1.000 km/liter. Dengan demikian akan makin mengukuhkan UNS di tingkat nasional,” imbuhnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com