JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kadin Solo Ajak Semua Pihak Bersatu Dukung Aglomerasi Soloraya

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo mengajak semua pihak bersatu mendukung aglomerasi Soloraya. Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo mengajak semua pihak bersatu mendukung aglomerasi Soloraya. Hal itu dilakukan untuk mendorong peningkatan investasi di kawasan Soloraya.

Ketua Kadin Solo Ferry Septha Indrianto mengatakan, aglomerasi bertujuan untuk mendorong investasi melalui pemusatan kegiatan ekonomi di wilayah Soloraya yang meliputi Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

Terkait itu, digelar pertemuan antar stakeholder terkait diantaranya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Persatuan Pengusaha Real Estate Indonesia (REI), Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), serta perwakilan Kadin Soloraya, Rabu (29/5/2024) malam.

“Penting menciptakan aglomerasi yang berkelanjutan dengan melewati tantangan ego sektoral. Keberhasilan aglomerasi ini sangat bergantung pada kerja sama dan dukungan dari semua pihak,” tegasnya.

Baca Juga :  Mau asah Pisau untuk Idul Adha, di Sini Tempatnya

Menurut Ferry, Kadin sebagai rumah besar pengusaha dan asosiasi menginisiasi gerakan Aglomerasi Soloraya dengan tujuan kesamaan pandangan, gerak dan langkah menjadikan Solo tidak hanya sebagai kota administratif tapi sebagai satu kesatuan kawasan Soloraya.

Ia menambahkan, inisiatif aglomerasi Soloraya didukung oleh kerangka hukum yang kuat yaitu Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2024 tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (UU DKJ) dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 22 Tahun 2023.

“Peraturan ini memberikan landasan hukum yang kokoh bagi pengembangan wilayah dan pemusatan kegiatan ekonomi di Soloraya. Kemudian menjadikannya prioritas nasional dalam upaya meningkatkan daya saing dan menarik investasi,” bebernya.

Baca Juga :  Solo Great Sale Sumbang Kenaikan PAD, Aglomerasi Soloraya Jadi Perhatian Serius

Selain mengajak Kadin Soloraya, Ferry juga mengundang PHRI dan REI

untuk turut serta dalam upaya ini. Kolaborasi dengan PHRI diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata. Sementara kerjasama dengan REI bertujuan untuk mengembangkan sektor real estate, yang keduanya merupakan komponen vital dalam strategi aglomerasi.

Kadin Solo sebagai representasi kota Solo memulai inisiasi Aglomerasi Pariwisata dan Industri di Soloraya. Dengan semangat yang tinggi, inisiatif ini diharapkan mampu mendorong kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak dalam meningkatkan daya saing dan menarik investasi ke wilayah Soloraya. Dengan inisiatif ini, Kadin Solo berkomitmen untuk menjadikan Soloraya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com