JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Menilik Kandungan Nutrisi Sayur dan Buah Berdasarkan Warnanya

Ilustrasi aneka sayuran. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Sayur dan buah dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayuran memiliki rasa dan warna yang bermacam-macam.

Tak hanya sekedar warna yang sejuk dipandang mata, aneka warna tersebut bisa menjadi petunjuk kandungan nutrisi yang terdapat pada buah atau sayur.

Dilansir dari Health Harvard, berikut nutrisi dan manfaat buah atau sayur berdasarkan warnanya:

Merah

Buah atau sayuran yang memiliki warna merah biasanya kaya akan likopen karotenoid, yang menyerap radikal bebas perusak gen dan menjadi melindungi dari kanker prostat serta penyakit jantung dan paru-paru. Buah atau sayur warna ini bisa ditemukan pada stroberi, cranberry, raspberry, tomat, ceri, apel, bit, semangka, anggur merah, paprika merah, bawang merah

Baca Juga :  Edukasi Pertumbuhan Anak, Pilih Susu Formula atau Susu UHT?

Oranye dan kuning

Menyediakan beta cryptothanxin, yang mendukung proses intraseluler dan dapat membantu mencegah penyakit jantung. Buah atau sayur warna ini bisa ditemukan dalam wortel, ubi jalar, paprika kuning, jeruk, pisang, nanas, jeruk keprok, mangga, labu, aprikot, labu musim, persik, blewah, jagung

Hijau

Buah atau sayur berwarna hijau ini kaya akan bahan kimia penghambat kanker seperti sulforaphane, isothiocyanates, dan indoles, yang menghambat aksi karsinogen, senyawa penyebab kanker. Dikutip dari Koran Tempo edisi 14 September 2015, sayuran atau buah hijau mengandung klorofil, serat, lutein, magnesium, kalsium, folat, vitamin, dan betakaroten.

Buah atau sayur warna ini bisa ditemukan dalam bayam, alpukat, alpukat, asparagus, artichoke, brokoli, kecambah alfalfa, kangkung, kubis, kubis Brussel, buah kiwi, sawi, sawi hijau, teh hijau, rempah-rempah hijau seperti mint, rosemary, sage, timi, dan kemangi.

Baca Juga :  Sederet Buah yang Ampuh Menurunkan Asam Urat dengan Cepat

Biru dan ungu

Memiliki antioksidan kuat yang disebut antosianin yang diyakini dapat menunda penuaan sel dan membantu jantung dengan menghalangi pembentukan gumpalan darah. Buah atau syaur warna ini bisa ditemukan dalam blueberry, blackberry, elderberry, anggur Concord, kismis, terong, plum, buah ara, plum, lavender, kubis ungu

Putih dan cokelat

Putih dan cokelat biasanya didominasi oleh bawang-bawangan. Ini mengandung allicin, yang memiliki sifat anti tumor. Sayuran dan buah lain dalam kelompok ini mengandung antioksidan flavonoid seperti quercetin dan kaempferol. Warna buah atau sayur ini bisa ditemukan dalam bawang bombay, kembang kol, bawang putih, bawang perai, daun bawang, parsnip, lobak daikon, jamur.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com