JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

SMP Negeri 8 Surakarta Gelar Pelatihan Coding dan Robotic

Pelatihan coding dan robotic yang berlangsung di Laboratorium SMP Negeri 8 Surakarta ini berjalan dengan interaktif | Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Bekerja sama dengan PT Maleo Edukasi Teknologi, SMP Negeri 8 Surakarta menyelenggarakan pelatihan coding dan robotic.

Pelatihan tersebut berlangsung selama empat hari, yakni Kamis-Jumat (25-26/4/2024) dan Senin-Selasa (29-30/4/2024).

Dalam pelatihan di hari pertama, siswa mempelajari materi Game Shark dengan menjalankan program di web atau aplikasi bernama Scratch.

Selanjutnya, siswa mengikuti pembelajaran coding berupa pembuatan proyek robotic. Dalam hal ini, siswa mempelajari materi “Lest make a move” melalui program yang diaplikasikan dalam alat robotic bernama Zoombit.

Pelatihan gratis coding dan robotic yang diikuti oleh 32 siswa kelas kelas 8 itu berlangsung di Laboratorium sekolah setempat.

Sejumlah peserta pelatihan robotic di SMP Negeri 8 Surakarta tengah mengoperasikan robot hasi kreasi mereka | Istimewa

Untuk diketahui, laboratorium SMP Negeri 8 Solo ini sudah tersedia device/computer yang dapat dioperasikan, koneksi internet, dan daya tampung laboratorium komputer mencapai 15 siswa.

Baca Juga :  Hendak Mencari Ikan, Kapal Jungkung Milik Nelayan Gunungkidul Dihantam Ombak Tinggi, Begini Nasib Penumpangnya

Selama pelatihan, mereka didampingi oleh sejumlah guru pendamping antara lain Hesti Setyaningsih, S.Kom dan  dan Biyanto, S.Kom.

“Para siswa terlihat sangat antusias, karena mendapatkan pengalaman baru dengan membuat game dan robot,” ujar Hesti, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Hesti menjelaskan, pelatihan tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan problem solving siswa, karena pada saat menyusun code akan ada pemecahan masalah di dalamnya dan kemudian maju melalui proses berulang dalam mengidentifikasi, memprioritaskan, dan mengimplementasikan solusi.

“Melalui coding siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pola berpikir algoritmik dan dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah,” paparnya.

Baca Juga :  Hendak Mencari Ikan, Kapal Jungkung Milik Nelayan Gunungkidul Dihantam Ombak Tinggi, Begini Nasib Penumpangnya

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd berharap pelatihan coding tersebut tetap dapat berlanjut dan dallma durasi waktu yang lebih lama, karena manfaatnya yang besar.

“Ini justru menjadi inspirasi untuk membuka ekstrakurikuler baru di SMP Negeri 8 Surakarta,” paparnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih karena SMP Negeri 8 Surakarta mendapat kesempatan dan dipercaya untuk mengikuti pelatihan coding dan robotic dari pusat tersebut.

Untuk informasi, bahwa PT Maleo Edukasi Teknologi merupakan salah satu mitra pembangunan Kemendikbudristek, yang memiliki komitmen untuk bersama-sama dengan Dinas Pendidikan Kota membantu satuan  pendidikan mengimplementasi Kurikulum Merdeka. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com