JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Tim Penilai Kwarcab Boyolali Lakukan Penilaian Pramuka Garuda di Simo, Ini Tujuannya

Ini proses penilaian Pramuka Garuda di Kemusu, Boyolali / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang 1109 Boyolali menerjunkan sejumlah andalan cabang dan tim penilai Pramuka Garuda ke Kwarran Kemusu.

Kegiatan tersebut untuk menilai anggota Pramuka Golongan Siaga menjadi Pramuka Garuda.

Penilaian Pramuka Garuda saat ini menyasar sekolah-sekolah atau pangkalan gugus depan yang berada di Boyolali bagian utara.

Seperti SDN 2 Klewor Kecamatan Kemusu dan MIN 7 Boyolali yang berlokasi di Kecamatan Simo Boyolali. Sekolah tersebut mengirimkan puluhan siswa siswi anggota Pramuka Golongan Siaga.

Dalam rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (8/5/2024), Wakil Ketua Kwarcab Boyolali Bidang Pembinaan Usia Muda (Wakabinamuda), Kak Darmawan Eko Habriono menjelaskan, sejumlah andalan Kwarcab Boyolali dan Pengurus Kwarran Kemusu serta anggota Forkompincam Kecamatan Kemusu hadir.

Menurut Kak Darmawan, anak-anak Pramuka Siaga diajak untuk terus bisa menjadi contoh bagi anggota pramuka yang lain, seperti kedisiplinannya di sekolah, ketertibannya dalam bermasyarakat serta selalu taat pada orang tua.

Baca Juga :  PKS dan PDIP Jalin Koalisi di Pilkada Boyolali 2024, Masing-masing Lakukan Penjaringan

“Karena nantinya anak- anak yang sudah melalui proses penilaian Pramuka Garuda ini setelah lulus akan dilantik dan dikukuhkan secara serentak,” katanya.

Penilaian Pramuka Garuda Golongan Siaga itu melalui lima tahapan,  seperti tentang syarat kecakapan umum (SKU), syarat kecakapan khusus (SKK), administrasi umum.

Lalu, pernah mengikuti pertemuan Siaga di Kwartirnya, dapat menggunakan perangkat komputer hingga membuat berbagai macam karya.

Salah satu peserta Abdullah Arrokhim mengaku, dirinya sangat senang dan bangga bisa mengikuti penilaian Pramuka Garuda.

“Saya mempersiapkan diri selama satu bulan untuk mengikuti penilaian Pramuka Garuda. Mudah- mudahan lolos penilaian,” ujarnya.

Baca Juga :  Dorong Jaksa yang Berhati Nurani, Kejari Boyolali Sosialisasikan Maskot Mas Jati di CFD

Pelaksana Humas Kwarcab Boyolali, Kak Eksani mewakili Ketua Kwarcab Boyolali Kak Supana, menambahkan, anggota Pramuka Garuda Kwarcab Boyolali di semua golongan hingga saat ini sudah mencapai 650 orang.

Ditargetkan, sebanyak 1.000 orang anggota Pramuka Garuda di semua tingkatan golongan harus sudah bersertifikat hingga Oktober 2025.

“Itu adalah akhir masa kepengurusan masa bakti kami di bulan Oktober 2025.”

Ditambahkan, berbagai upaya dilakukan untuk mengejar target tersebut. Antara lain, memfasilitasi berbagai gugus depan untuk menjadikan gugus depan mantab.

Juga memfasilitasi para pembina untuk kursus mahir hingga mencetak para pelatih yang handal agar bisa mencetak Pramuka Garuda.

“Pramuka Garuda merupakan Pramuka yang paripurna. Harapannya nanti bisa menjadi contoh bagi anggota Pramuka lainnya,” pungkasnya.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com