JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tips Agar Lamaran Pekerjaan Diterima, Matikan HP Anda

Ratusan pencari kerja memadati lokasi stan perusahaan PT Rosalia Indah pada acara job fair di Gedung Kartini Sragen, Selasa (19/7/2022). Foto/Wardoyo
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat memang tidak mudah. Diperlukan usaha dan persiapan yang matang agar lamaran pekerjaan diterima di perusahaan impian.

Berikut 6 tips agar lamaran pekerjaan diterima yang bisa Anda coba:

1. Persiapkan Diri Secara Optimal

– Perbarui dan perbaiki CV (Curriculum Vitae) Anda. Pastikan CV Anda rapi, bebas dari kesalahan, dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Tonjolkan pengalaman, keahlian, dan pencapaian yang relevan.

– Pelajari deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang dibutuhkan. Pastikan Anda memiliki kualifikasi yang sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan.

– Riset perusahaan dan posisinya. Cari tahu informasi tentang perusahaan, seperti visi, misi, nilai-nilai, dan produk atau layanannya. Pelajari juga tentang budaya perusahaan dan bagaimana mereka bekerja.

– Latih kemampuan interview Anda. Berlatihlah menjawab pertanyaan interview yang umum diajukan. Anda juga bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk melakukan simulasi interview.

2. Buat Surat Lamaran yang Menarik

– Sesuaikan surat lamaran dengan posisi yang Anda lamar. Hindari menggunakan surat lamaran yang generik.

– Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi dan perusahaan tersebut. Ceritakan tentang pengalaman dan keahlian Anda yang relevan dengan posisi tersebut.

– Tekankan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Jelaskan bagaimana Anda dapat membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Baca Juga :  Setyo-Imron, Tarso-Teguh, Puput-Jumariyanto, Pilih Mana Lur Warga Wonogiri?

– Gunakan bahasa yang profesional dan sopan. Pastikan surat lamaran Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan.

3. Manfaatkan Jaringan Anda

– Beritahu keluarga, teman, dan kenalan Anda bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Mereka mungkin bisa membantu Anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan atau merekomendasikan Anda ke perusahaan tertentu.

– Gunakan media sosial untuk mencari lowongan pekerjaan. Banyak perusahaan yang memposting lowongan pekerjaan di media sosial mereka.

– Ikuti acara networking. Acara networking adalah cara yang bagus untuk bertemu dengan orang-orang di industri Anda dan mempelajari tentang lowongan pekerjaan yang tersedia.

4. Tetap Semangat dan Pantang Menyerah

– Mencari pekerjaan membutuhkan waktu dan usaha. Jangan mudah menyerah jika lamaran Anda belum diterima di perusahaan yang Anda inginkan.

– Teruslah melamar pekerjaan dan ikuti perkembangan lowongan terbaru. Semakin banyak Anda melamar, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

– Pelajari dari kegagalan. Setiap kali lamaran Anda ditolak, cobalah untuk mencari tahu apa yang bisa Anda perbaiki untuk lamaran selanjutnya.

5. Asah Kemampuan dan Keahlian Anda

– Ikuti pelatihan atau workshop. Ada banyak pelatihan dan workshop yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan dan keahlian Anda.

Baca Juga :  Daftar Peluang Usaha Menguntungkan Saat Cuaca Dingin Bediding

– Baca buku dan artikel tentang bidang yang Anda minati. Semakin banyak Anda tahu tentang bidang Anda, semakin baik peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

– Lakukan volunteer atau magang. Volunteer dan magang adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman kerja dan membangun jaringan.

6. Percaya Diri dan Tunjukkan Antusiasme

– Percaya dirilah dengan kemampuan Anda. Yakinkan pewawancara bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

– Tunjukkan antusiasme Anda terhadap posisi dan perusahaan tersebut. Pewawancara akan tertarik dengan pelamar yang antusias dan bersemangat untuk bekerja di perusahaan mereka.

– Ingatlah bahwa kunci utama untuk mendapatkan pekerjaan adalah persiapan yang matang, kerja keras, dan pantang menyerah.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan impian.

Tips tambahan:

– Gunakan pakaian yang rapi dan profesional saat interview.
– Datanglah tepat waktu untuk interview.
Matikan HP Anda saat interview.
– Bersikaplah sopan dan ramah kepada semua orang yang Anda temui di perusahaan.
– Kirimkan email ucapan terima kasih kepada pewawancara setelah interview.

Semoga tips-tips ini bermanfaat! Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com