JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

BEM FKIP UMS Lakukan Koordinasi Awal dengan Pihak Desa Wirun Sukoharjo untuk Angkat Desa Budaya

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan koordinasi dengan Desa Wirun, Sukoharjo dalam rangka mengangat Desa Budaya. Humas UMS
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan koordinasi dengan Desa Wirun, Sukoharjo dalam rangka mengangat Desa Budaya.

Hal ini dilakukan setelah Tim BEM FKIP UMS dinyatakan lolos pendanaan Kemendikbud Ristek 2024. Tim ini mengangkat tema Desa Budaya: Optimalisasi Indigenous Art & Culture Knowledge Desa Wirun Menuju Desa Budaya Berkelanjutan Melalui Penguatan Kapasitas Marketing Budaya.

Ketua Tim, Adelia Dzun mengatakan kunjungan Tim PPK Ormawa BEM FKIP UMS ke desa Wirun didampingi oleh dosen pendamping Hardika Dwi Hermawan. Kunjungan ini dimaksudkan untuk berkoordinasi lebih lanjut terkait program yang akan dilaksanakan dalam beberapa bulan ke depan.

“Kita baru koordinasi lagi bersama pihak desa setelah dinyatakan lolos pendanaan, sekaligus mengucapkan terima kasih karena sudah dibantu dalam pencarian data untuk proposal pengabdian ini,” ungkap Ketua Tim itu, Kamis, (27/6/2024).

Baca Juga :  Keren, Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMS Yeni Paramita Raih Juara 2 Lomba Nasional Microteaching

Sebelumnya, tim PPK Ormawa sudah melakukan kunjungan ke desa maupun pengrajin yang ada di Desa Wirun Sukoharjo.

“Kemudian, kami sowan atau berkunjung lagi ke pengrajin maupun masyarakat sebagai tindak lanjut program yang akan dikolaborasikan,” tambahnya, dilansir dari rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM .

Menurutnya, perlu banyak penyesuaian antara program yang akan dilaksanakan dari Tim Mahasiswa UMS maupun dari kebutuhan Desa Wirun, Sukoharjo.

“Hal ini memang sangat kita perhatikan, agar program yang dilaksanakan nanti menjawab kebutuhan masyarakat dan tepat sasaran. Sehingga apa yang sudah kita lakukan tidak sia-sia,” tegasnya.

Setelah ini, tim PPK Ormawa BEM FKIP masih akan melaksanakan koordinasi bersama warga untuk menyamakan persepsi dan mencari solusi bersama-sama.

Baca Juga :  Keren, Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMS Yeni Paramita Raih Juara 2 Lomba Nasional Microteaching

“Belajar dari pengalaman saya tahun lalu, kebetulan juga lolos PPK Ormawa di organisasi sebelumnya, perlu banyak diskusi bersama warga untuk meminimalisir permasalahan atau miss komunikasi. Jadi, kami perlu mematangkan persiapan sebelum melakukan program pengabdian ini,” pungkasnya.

Tahap pelaksanaan yang bertahap akan dilakukan yaitu melaksanakan: (1) Focus Group Discussion (FGD) bersama pihak desa, pelaku budaya, serta tokoh masyarakat; (2) Pembentukan Tim Sobat “REMAYA” dan Paguyuban “REMBAYA”; (3) Sosialisasi & launching Tim Sobat “REMAYA dan Paguyuban “REMBAYA”; (4) Pembentukan Sistem Desa Wirun “SIDERUN”; (5) Pelatihan kebudayaan dan digital marketing; (6) Launching dan pelatihan SIDERUN; (7) Paket Budaya “One Day in Wirun Village” dan festival budaya; (8) Monitoring & Evaluasi. Wans

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com