JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar 5 Desa Peraih Penghargaan Desa Nyawiji Migunani Wonogiri plus 5 Kecamatan Pembina Bernilai Tinggi di Kabupaten Jateng Tenggara

Desa Nyawiji Migunani
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Bupati Jekek pada penghargaan Desa Nyawiji Migunani Wonogiri, Rabu (3/7/20204). Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak lima desa meraih penghargaan Desa Nyawiji Migunani Wonogiri 2024. Selain itu, juga ada lima kecamatan yang ditetapkan sebagain pembina Desa Nyawiji Migunani Wonogiri bernilai tinggi.

Penganugerahan Desa Nyawiji Migunani Wonogiri 2024 digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (3/7/2024).

Lima desa peraih penghargaan alias top 5 Desa Nyawiji Migunani Wonogiri 2024 meliputi Desa Slogoretno Kecamatan Jatipurno, Desa Mangunharjo Kecamatan Jatipurno, Desa Tanggulangin Kecamatan Jatisrono, Desa Tunggur Kecamatan Slogohimo, dan Kelurahan Selopuro Kecamatan Batuwarno.

Sedangkan lima alias top 5 kecamatan pembina Desa Nyawiji Migunani kabupaten Jateng tenggara Wonogiri 2024 yakni Kecamatan Jatipurno, Karangtengah, Batuwarno, Jatisrono, dan Baturetno.

Desa Nyawiji Migunani adalah sebuah konsep desa yang mengedepankan prinsip kolaborasi antara berbagai pihak untuk memberikan dampak nyata dan positif kepada masyarakat desa. Dalam konteks ini, “Nyawiji” berarti bersatu padu atau bersama-sama, dan “Migunani” berarti bermanfaat atau memberikan manfaat.

Kepala Disdukcapil Wonogiri Herdian didampingi Sekretaris Disdukcapil Wonogiri Antonius Indro Sudaryanto menyebutkan Desa Nyawiji Migunani adalah desa yang mampu menggerakkan seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah desa, masyarakat, hingga instansi terkait. Muaranya untuk bekerjasama secara harmonis dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup warga desa melalui berbagai program dan layanan yang efektif dan efisien.

Baca Juga :  Lirik Lagu Nganggur by Masdddho, Isuk Turu Sore Ngopi Wengine Dolan

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, Desa Nyawiji Migunani berfokus pada:
1. Peningkatan Kepemilikan Dokumen Kependudukan: Memastikan seluruh penduduk desa memiliki dokumen kependudukan yang lengkap dan valid seperti KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan lainnya.
2. Pemutakhiran Data Kependudukan: Mendorong warga untuk selalu memperbarui data kependudukan mereka agar tetap akurat dan up-to-date.
3. Pelayanan Prima: Menyediakan layanan administrasi kependudukan yang cepat, mudah, dan terjangkau bagi seluruh warga desa, termasuk melalui pemanfaatan teknologi digital.

“Melalui kolaborasi yang solid dan strategi yang terarah, Desa Nyawiji Migunani bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera, teratur, dan siap menghadapi tantangan masa depan,” ungkap dia.

Inovasi Desa Nyawiji Migunani adalah pengembangan dari berbagai inovasi sebelumnya yang telah berjalan sejak tahun 2019 dan bertujuan untuk penguatan loket Adminduk di 294 desa/kelurahan. Meliputi
Telunjuk Sakti dan Ayo SKAK (2019): Inovasi yang mempercepat proses pelayanan Adminduk secara online, Desa Sadar Adminduk (2021): Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan.

Baca Juga :  Meningkatnya Jumlah Angkatan Kerja di Wonogiri, Pilih Bekerja atau Berwirausaha?

Selanjutnya Konsulkan dan Pemusatan Layanan di MPP (2023): Konsultasi langsung dan pemusatan layanan di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Hasil dari inovasi Desa Nyawiji Migunani sejak Januari 2024:
Kartu Identitas Anak (KIA): Kepemilikan KIA naik 4,42% dan telah melebihi target nasional.
Akta Kelahiran Usia 0-18 Tahun: Kepemilikan akta kelahiran naik 0,5% dan telah melebihi target nasional.
Identitas Kependudukan Digital (IKD): Aktivasi IKD naik 5,66%.

“Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas dedikasi yang luar biasa ini, kami mengadakan acara Penganugerahan Desa Nyawiji Migunani yang disampaikan oleh Bapak Bupati Wonogiri untuk meneruskan semangat kebersamaan Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri,” beber dia.

Sementara cakupan kepemilikan eKTP sebesar 97.57%, penduduk yang telah rekam eKTP sebanyak 836.525 jiwa, cakupan kepemilikan KIA sebesar 90,91%, anak yang telah memiliki KIA sebanyak 199.903 jiwa. Lantas cakupan kepemilikan Akta Kelahiran usia 0-18 tahun sebesar 99,04%, penduduk usia 0-18 tahun yang memiliki Akta Kelahiran sebanyak 231.650 jiwa. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com