JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Hasil Survei Pilkada Solo: Gusti Bhre Ungguli Teguh dan Kaesang, Sekar dan Ferry Indrianto Membuntuti

   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Sosok putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep rupanya masih menjadi salah satu nama favorit warga Kota Solo untuk dipilih dalam Pilkada 2024. Kaesang berada di urutan ketiga setelah Gusti Bhre, Teguh Prakosa dengan selisih tidak terpaut jauh.

 

Hal itu diketahui dari hasil survei yang dilakukan oleh JARCOMM (Jejaring Analiytics, Research and Communication Consulting). Jarcomm merilis hasil survei elektabilitas Calon Wali Kota Solo menjelang lima bulan pelaksaan Pilkada Solo 2024.

 

Survei yang dilaksanakan pada 27 juni sampai 2 Juli 2024 itu menyasar pemilih pemula atau Gen Z hingga Millenial antara umur 17 hingga 40 tahun.

 

Hasilnya, KGPAA Mangkunegara X (Gusti Bhre) menempati urutan pertama, disususl incumbent yang kini menjabat Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa berada diurutan kedua. Barulah nama Kaesang Pangarep di urutan ketiga yang masing-masing selisih margin berdekatan.

 

“Di kalangan anak-anak muda atau kalangan Gen Z dan Millenial, Gusti Bhre menjadi pilihan pertama, kemudian disusul Pak Teguh, lalu selanjutnya Kaesang Pangarep,” ungkap Manajer Eksekutif Jarcomm, Yuhan Perdana, Jumat (5/7/2024).

Baca Juga :  Pura Mangkunegaran Gelar Kirab dalam Rangka Memperingati 1 Suro

 

Perdana melanjutkan, pada simulasi 8 nama calon wali kota, Gusti Bhre menduduki posisi teratas dengan perolehan 31,8%, disusul Teguh Prakosa 27,0%. Sementara Kaesang Pangarep di posisi tiga sebesar 23,4%. Lalu Sekar Tandjung Ketua Golkar Solo sebesar 4,2% dan Ferry Indrianto yang merupakan Ketua Kadin Solo, sebesar 3,9%.

 

Adapun sejumlah tokoh yang selama ini digadang-gadang nyalon, di antaranta ada Astrid Widayani yang juga Rektor UNSA, memperoleh 2,2%, disusul HM Mashuri 1,0% dan Her Suprabu 0,8%. Sementara ada 5,3% tidak tahu atau tidak/belum menjawab.

 

Lebih lanjut dia mengungkapkan, alasan responden memilih tokoh yang berada di posisi lima besar yakni Gusti Bhre, Teguh, Kaesang, Sekar hingga Ferry dianggap merakyat dan santun, membawa perubahan serta mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

 

“Merakyat dan santun 23,3%, diikuti dipercaya bisa meningkatkan ekonomi 25,2% dan membawa perubahan 15,7%. Itulah 3 alasan utama mengapa memilih. Masih ada alasan-alasan lain dengan persentase di bawahnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Keraton Kasunanan Surakarta Hadirkan Kebo Bule dalam Kirab Malam 1 Sura

 

Dia menambahkan, bahkan masyarakat saat ditanya isu apakah yang paling penting untuk dibahas oleh Calon Wali Kota Solo, hampir 50% menginginkan perekonomian masyarakat meningkat. Soal perekonomian dan kesejahteraan jadi keinginan besar yang diharapkan kepada pemimpin Solo ke depan.

 

“Masyarakat sebesar 43,6% meninginkan calon membahas tentang perekonomian Solo meningkat. Itu yang dianggap paling penting. Kemudian bantuan merata 22,0% dan juga kesehatan gratis 8,4%,” kata dia.

 

Sebagai informasi, survei Jarcomm dilaksanakan pada 27 Juni-1 Juli 2024. Adapun survei mewawancarai responden dilakukan dengan tatap muka sebanyak 500 responden Gen Z dan Millenial berusia 17-40 tahun yang dipilih melalui metode multistage random  sampling. Untuk margin of error ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Berikut Elektabilitas Calon Wali Kota Solo Top of Mind:

 

  1. Bhre Cakrahutomo 31,8%
  2. Teguh Prakosa 27,0%
  3. Kaesang Pangarep 23,4%
  4. Sekar Tandjung 4,1%
  5. Ferry Indrianto 3,9%
  6. Astrid Widayani 2,2%
  7. HM Mashuri 1,0%
  8. Her Suprabu 0,8%
  9. TT/TM 5,8%

 

(Ali)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com