JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Tingkatkan Kreativitas Bidang Teknologi, UMS Menjadi Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia

   

JOGLOSEMARNEWS.COM Pada era modernisasi seperti saat ini, kecerdasan di bidang teknologi seperti ini sangat penting untuk dikuasai oleh mahasiswa. Ada banyak sekali produk-produk yang dihasilkan melalui pemanfaatan teknologi. Salah satunya adalah robot, bentuk mesin yang dapat mengerjakan apapun sesuai perintah yang dirancang didalam sistem tersebut.

Penggunaan robot sebagai tenaga kerja pun sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan. Oleh karena itu penting untuk mengasah dan memiliki kemampuan dalam hal robotik. Khususnya pada mahasiswa, sebagai generasi penerus bangsa.

Untuk mengasah kemampuan tersebut, dapat dilakukan dengan beragam cara. Salah satunya adalah mengikuti ajang perlombaan. Universitas Muhammadiyah Surakarta menerapkan cara tersebut dengan menjadi tuan rumah dari Kontes Robot Indonesia 2024.

Kontes yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional dari tanggal 1-6 Juli 2024 di Edutorium UNS dan Pondok Pesantren Moden Islam Assalam Sukoharjo menggelar kreasi robotik di beberapa jenis. Diantaranya robot perenang, robot penyelamat, robot tematik, dan sejenisnya. Ajang ini diikuti oleh seluruh mahasiswa yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Tembok Talut Longsor, 2 Warga Mojosongo Solo Meninggal Dunia

Diketahui terdapat 57 universitas yang berpartisipasi dan 142 tim yang mengikuti perlombaan tersebut. Pemenang setiap kategori akan dikirim untuk mewakili Indonesia di ajang robotik yang lebih bergengsi di luar negeri.

Pelaksanaan acara ini pun sudah dimulai dari awal tahun, lebih tepatnya pada bulan Januari 2024. Dimulai dari unggah ide proposal, kemudian seleksi tahap 1 dan 2, seleksi setingkat wilayah, sampailah pada seleksi nasional di UMS pada bulan Juli.

Menariknya, acara ini juga terbuka untuk umum dan bisa disaksikan. Penonton dapat menyaksikan aksi dan gerakan robot-robot tersebut secara langsung. Terdapat juri-juri terpilih yang menilai hasil robot buatan mahasiswa sesuai kelasnya masing-masing.

Baca Juga :  Festival Kuliner Non Halal di Solo Paragon, 34 Tenant Dikelilingi Kain Hitam

Pada postingan reels akun Instagram @kri.ums (5/7/2024) terlihat proses keberjalanan acara dari Kontes Robot Indonesia 2024 ini. Peserta-peserta mengikuti kontes dengan tertib dan profesional. Terlihat komentar-komentar positif dari netizen pada unggahan video tersebut.

‘’ Paten Kali🔥’’ tulis akun @aditya___***.

‘’ Gokillll😭😭👏👏👏’’ puji akun @baghazha***.

‘’ Gaheran ITS 😂’’ tambah pemilik akun febryaaa****.

Acara KRI 2024 ditutup pada tanggal 6 Juli dengan tiga pemenang utama, yaitu tim dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jember, dan Institut Teknologi Sepuluh November. Ketiga tim dari kampus ini siap mewakili Indonesia pada acara robotik mendatang.

M. Guntur Rahardjo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com