JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Kalender Hijriyah Global Tunggal 1446 H Muhammadiyah, Download Disini

Kalender
Kalender Hijriyah Global Tunggal Muhammadiyah. Tangkapan layar suaramuhammadiyah.id
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar gembira bagi Muslim dimanapun berada, bahwa Muhammadiyah telah menerbitkan Kalender Hijriyah Global Tunggal 1446 H Muhammadiyah.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan Kalender Hijriyah Global Tunggal 1446 H Muhammadiyah, bisa didownload di https://web.suaramuhammadiyah.id/wp-content/uploads/2024/07/1446-Kalender-Hijriyah-Global-Tunggal-Muhammadiyah.pdf

Melansir dari suaramuhammadiyah.id pada Rabu (10/7/2024), Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah, dalam artikelnya, Tahun Baru, Bergerak Maju, Ahad (7/7/2024), mengatakan tahun 1446 hijriyah semakin menuntut umat Islam di seluruh dunia untuk memiliki Kalender Hijriyah Global Tunggal sebagai bentuk utang peradaban.

Haedar Nashir menegaskan umat Islam seharusnya merasa malu karena masih terdapat perbedaan dalam menentukan hari dan tanggal hijriyah, termasuk penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, dan 1 Muharram, baik antar negara maupun dalam satu negara.

Baca Juga :  Daftar 5 Desa Peraih Penghargaan Desa Nyawiji Migunani Wonogiri plus 5 Kecamatan Pembina Bernilai Tinggi di Kabupaten Jateng Tenggara

Perbedaan ini, menurut Haedar Nashir, seringkali terjadi secara dadakan dan mengandung ketidakpastian.

Sebaliknya, Kalender Masehi atau Miladiah di dunia luar sudah pasti dan telah lama menjadi rujukan global. Haedar Nashir menekankan perlunya ijtihad dan penafsiran baru atas hadis Nabi yang berkaitan dengan hukum alam dan peredaran benda-benda langit, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan mengarah pada kepastian.

Haedar Nashir berujar umat Islam perlu menghilangkan ketidakpastian dan menuju kepastian dalam penentuan hari, bulan, dan tahun hijriyah sebagai bukti kemajuan peradaban.

Baca Juga :  Daftar Outfit Keren Selain Batik untuk Pesta Pernikahan

Allah menciptakan alam semesta dengan hukum alam atau sunnatullah-Nya yang pasti. Allah juga menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesukaran dalam beragama, sebagaimana disebutkan dalam QS Al-Baqarah: 185. Oleh karena itu, Haedar Nashir mempertanyakan mengapa umat Islam justru memproduksi kesukaran yang menunjukkan kekakuan dan kebekuan berpikir.

Suara Muhammadiyah telah menerbitkan Kalender Hijriyah Global Tunggal. Pemberlakuan ini sesuai dengan Keputusan Musyawarah Nasional XXXII Tarjih Muhammadiyah di Pekalongan, Jawa Tengah tahun 2024.

Berikut ini link untuk download Kalender Hijriyah Global Tanggal Muhammadiyah itu, https://web.suaramuhammadiyah.id/wp-content/uploads/2024/07/1446-Kalender-Hijriyah-Global-Tunggal-Muhammadiyah.pdf.

Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com