JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Mencerahkan! Kelompok 31 KKNMAs Bantu Bangun Gubuk dari Ecobrick

Aksi nyata mahasiswa Kelompok 31 Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-'Aisyiyah (KKNMAs) 2024 ditunjukkan dengan membantu warga desa Mulur, Sukoharjo untuk mengurangi limbah plastik dengan menjadikannya sebagai ecobrick. Mahasiswa dari Kelompok 31 ini bersama dengan warga setempat (3/8/2024) memilah sampah kemudian memasukkannya ke dalam botol plastik. Humas UMS
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Aksi nyata mahasiswa Kelompok 31 Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-‘Aisyiyah (KKNMAs) 2024 ditunjukkan dengan membantu warga desa Mulur, Sukoharjo untuk mengurangi limbah plastik dengan menjadikannya sebagai ecobrick.

Mahasiswa dari Kelompok 31 ini bersama dengan warga setempat (3/8/2024) memilah sampah kemudian memasukkannya ke dalam botol plastik. Setelah dipadatkan, botol tersebut kemudian disusun ke bilik rumah atau gubuk untuk menjadi dinding, yang dapat dimanfaatkan untuk penyimpanan kebutuhan barang. Untuk kali ini, ecobrick dimanfaatkan untuk membangun gubuk untuk menyimpan peralatan kebun dan pakan ikan nila.

Baca Juga :  Terkait Harga Gas Melon Tinggi, Respati Imbau Warga Beli di Pangkalan Resmi

“Kelompok membantu kegiatan desa untuk daur ulang kembali untuk sampah botol, plastik, dan kain perca supaya menjadi barang yang lebih berguna. Dalam hal ini digunakan untuk membangun rumah/gubuk sebagai pengganti batu bata,” papar Muhammad Rifky Bagus Cahyadi, salah satu anggota Kelompok 31, Selasa (6/8/2024).

Warga setempat memberikan respon yang baik dengan kehadiran mahasiswa yang ikut serta membantu warga untuk menjalankan kegiatan dalam rangka mengurangi pembuangan sampah di desa Mulur.

“Harapan ke depannya untuk kegiatan ini dapat dilanjutkan supaya banyak sampah yang tidak dapat terurai bisa menjadi barang yang lebih bermanfaat dan mengurangi pembuangan sampah sembarangan,” ungkap Al Ihwanul Imanulah Mulya Putra, Ketua Kelompok 31 KKNMAs 2024.

Baca Juga :  Respons Teguh Soal Protes Rekomendasi Bambang Gage Sebagai Bacawawali: Yen Ora Ngerti AD ART Ya Keluar dari PDIP

Tidak hanya itu, Kelompok 31 juga mengikuti kegiatan arisan yang diadakan di rumah warga. Kesempatan ini juga kemudian dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menyampaikan program kerja yang akan dijalankan oleh mereka selama periode KKNMAs 2024.

Kelompok ini, lanjutnya, akan mengadakan kegiatan belajar mengajar dengan mengadakan sanggar belajar (les) yang difokuskan pada kemampuan bidang Matematika. Mahasiswa akan membagikan ilmu mereka kepada para adik-adik yang sedang di bangku Sekolah Dasar kelas 1-6. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com