JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Piknik

Inilah Tempat-Tempat Wisata Favorit di Sumatera Barat yang Bisa Dikunjungi Saat HPN 2018

Danau Kembar
Danau Kembar

PADANG-Perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) akan digelar di Padang, Sumateraa Barat mulai tanggal 1-10 Pebruari mendatang. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri puncak HPN tersebut selama dua hari 8-9 Pebruari.

Ribuan wartawan dari berbagai daerah di tanah air dipastikan akan memenuhi Kota Padang, Sumbar. Lantas selain menghadiri HPN, tempat tujuan wisata apa yang bisa dikunjungi?. Masyarakat juga perlu tahu wisata apa saja yang menarik di Sumbar.

Inilah provinsi di Sumatera paling banyak obyek wisatanya seperti juga Sumut dan Sumsel. Ada kawasan Mandeh yang bagai Halong Bay Vietnam dan Raja Ampat di Papua. Ada Danau kembar tiga namanya Danau Diatas, Dibawah dan Talang. Danau itu dipagari kebun teh dan ladang-ladang bawang. Suhunya 20 derajat.

Tak jauh dari sana ada Singkarak yang salah satu sumber airnya dari danau kembar tiga itu. Danau Singkarak (107,8 Km) terluas kedua di Sumatera setelah Toba.

Di balik lenggang Singkarak ada Maninjau, danau tempat mandi Buya Hamka kala kanak-kanak. Untuk ke danau ini, ada jalan namanya Kelok 44. Tiap kelok punya kisah, tiap kisah aduhai. Di puncak ada Embun pagi, tempat awan gemawan bergayut. Di ujung sayap awan itu ada Puncak Lawang, titik strategis untuk paralayang. Lawang punya  ladang tebu yang luas.

Dalam hutan ada Kelok Sembilan. Inilah fly over beton paling spektalur di Indonesia sepanjang 2,5 Km, dengan tinggi tiang 58 Km. Berliku, panjang dan kokoh. Kelok ini menghubungkan Sumbar dan Riau.

Padang Kota Tercinta

Tentu pernah membaca novel Sitti Nurbaya, Kasih tak Sampai, romannya Marah Rusli. Di Padang ada bukit Siti Nurbaya. Inilah satu-satunya novel di Indonesia yang nyaris jadi legenda. Bukitnya juga.

Bukit itu berdiri di tepi laut menyampingi pantai Padang tempat acara puncak HPN dilaksanakan.

Para peserta akan diinapkan di hotel-hotel sekitar pantai dan pusat kota. Tentu saja tak ada rumah makan padang di Padang. Masuk saja ke rumah makan manapun. Enak dan enak sekali. Padang dengan tagline ‘Kota Tercinta’ tempat Hatta sekolah, sekarang namanya SMP 1, di Jalan Sudirman.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua