loading...
Loading...
Kapolres Sragen, AKBP Arif Budiman saat menyerahkan hadiah kambing untuk Kapolsek Sragen Kota, AKP Suseno yang meraih predikat Kapolsek terbaik di Mapolres Sragen, Rabu (17/1/2018). Foto/JSnews

SRAGEN – Setiap pemimpin pasti memiliki cara dan kiat tersendiri untuk memotivasi kinerja bawahannya. Namun cara Kapolres Sragen,  AKBP Arif Budiman, agaknya patut mendapat apresiasi tersendiri.

Ya,  Kapolres yang pernah menyandang penghargaan penyidik korupsi terbaik dari Mabes Polri 2016 itu, memilih cara unik untuk memotivasi dan mengapresiasi kinerja jajarannya. Layaknya sebuah perhelatan tour olahraga, ia menerapkan penilaian kinerja dan ranking nilai semua Kapolsek secara reguler setiap bulannya.

Kapolsek dengan peringkat tiga terbaik setiap bulan, diapelkan dan berhak mendapat bendera merah sebagai tanda pemegang predikat terbaik atau Kapolsek of The Month. Tak cukup sampai di situ,  Kapolsek yang sudah meraih tiga bendera merah, berhak menerima hadiah khusus berupa satu ekor kambing.

Baca Juga :  Forum Kades Sragen Usulkan Perang Money Politik Dimulai Sejak Penetapan Calon. Semua Desa dan TPS Disiapkan Satgas 

“Dan hari ini tadi,  Kapolsek Sragen Kota,  AKP Suseno yang mendapat hadiah kambing karena beliau sudah mendapat tiga bendera merah artinya pernah meraih predikat Kapolsek terbaik selama tiga bulan, ” papar Kapolres,  AKBP Arif Budiman,  usai penyerahan hadiah di Mapolres Sragen,  Rabu (17/1/2018).

AKP Suseno kemarin juga menerima bendera merah ketiganya bersama Kapolsek Sambungmacan,  AKP Joko Widodo alias Jokowi dan Kapolsek Kedawung,  AKP Bambang Susilo yang meraih nilai tertinggi di bulan Desember 2017.

AKBP Arif menguraikan hadiah kambing itu merupakan inisiatif pribadinya sebagai cara memberikan reward atas kinerja Kapolsek. Hal itu juga bagian untuk memotivasi kinerja para Kapolsek dan jajaran personel agar senantiasa bisa menjalankan tugas dengan profesional,  modern, dan menjadi tauladan di masyarakat.

Baca Juga :  Polres Sragen Gerebek Mafia Sabu di Jalan Gemolong. Ditangkap di Mobil Pikap Berikut Paket Sabu

Menurutnya,  penerapan penilaian dilakukan oleh tim khusus dengan aspek penilaian meliputi kinerja secara keseluruhan baik dalam operasional maupun pembinaan. Penilaian digelar secara rutin dan diakumulasikan setiap akhir bulan untuk menentukan tiga Kapolsek terbaik dari 20 Polsek yang ada.

“Bagaimana mereka melakukan pembinaan ke jajarannya,  sikap tampang,  seberapa aktif melakukan sambang warga dan patroli ke lapangan. Termasuk keberhasilan ungkap kasus yang poinnya paling tinggi.  Semua aspek kita nilai secara obyektif. Jadi nggak asal-asalan, ” terangnya.

Ia berharap dengan reward itu, para Kapolsek bisa berlomba-lomba memberikan yanh terbaik dalam melayani masyarakat.  Lebih dari itu, langkah itu diharapkan makin meningkatkan motivasi jajaran di semua lini untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Baca Juga :  Kawanan Pencuri Bobol Konter HP Sragen Manggis. 2 Karyawati Kaget Saat Temukan Kejanggalan Ini 

“Dengan selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik,  maka pada akhirnya, karakter melayani dan bertugas sebaik mungkin itu akan menjadi budaya dan tertanam di semua personel,” tandasnya.

Sementara,  Kapolsek Sragen Kota,  AKP Suseno mengaku senang dan berterimakasih atas penghargaan yang diberikan Kapolres. Menurutnya reward berupa kambing itu sangat bermakna meski sebenarnya bukan tujuan utama.

“Bagi kami bisa melayani masyarakat dengan baik,  merespon setiap laporan dengan cepat dan membantu masyarakat saja rasanya sudah senang,” tukasnya.

Di hadapan Kapolres,  ia mengutarakan bahwa kambing itu rencananya akan dimasak bersama-sama dan disantap bersama elemen terkait di jajaran Polsek Sragen Kota. Wardoyo

Iklan
Loading...