JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Bali United Tundukan Madura United Melalui Adu Penalti

Para pemain kesebelasan Bali United merayakan kemenangan seusai mengalahkan Madura United melalui drama adu penalti. Jsnews/Satria

SOLO-Kesebelasan Bali United sukses menaklukkan Madura United dalam laga delapan besar Piala Presiden 2018. Tim yang berjuluk Serdadu Tridatu memastikan lolos ke babak empat besar menyusul PSMS Medan yang berhasil mengalahkan Persebaya Surabaya pada pertandingan sebelumnya.
Bermain di Stadion Manahan Solo, Sabtu (3/2/2018) malam, tim yang berjuluk Serdadu Tridatu dari Pulau Dewata Bali sukses menyingkirkan Madura United atau Laskar Sapeh Kerrap melalui drama adu penalti. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 2-2 selama 90 menit waktu normal.

Jalannya Babak Pertama

Setelah wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, pertahanan Bali United langsung digedor Laskar Sapeh Kerrap dari Pulau Madura.
Madura United langsung mencoba bermain agresif. Para pemain depan Madura United seperti Greg Nwokolo dan Cristian Gonzales langsung melakukan penetrasi meneror pertahanan Bali United.
Memasuki menit ke tujuh berjalan, Madura United langsung memecah kebuntuan. Lewat aksi penyerang Greg Nwakolo berhasil mencatatkan skor 1-0 untuk keunggulan Madura United. Greg yang merupakan penyerang naturalisasi tersebut berhasil mengecoh tiga pemain belakang Bali United sebelum berhasil mencetak gol dan memaksa kiper Wawan Hendrawan memungut bola dari dalam gawangnya.
Seusai tertinggal dalam waktu yang cepat, Bali United langsung mencoba mengambil inisiatif permainan. Namun, sejumlah penetrasi dan upaya dari Stefano Lilipaly dan Ilija Spasojevic belum berhasil membuahkan goal untuk Bali United.
Baru saat memasuki menit ke-22, upaya para penyerang Bali United mampu memecah kebuntuan.
Bek Madura United, Fabiano Beltrame melanggar Ilija Spasojevic di area kotak terlarang memaksa wasit menunjuk titik putih. Penyerang Stefano Lilipaly yang ditunjuk sebagai algojo berhasil menyarangkan bola ke gawang penjag gawang Madura United, Angga Saputra. Kedudukan menjadi imbang 1-1. Seusai berhasil menyamakan kedudukan, permainan Bali United semakin agresif. Memasuki menit ke-29, penyerang Bali United Stefano Lilipaly kembali memiliki peluang untuk mencetak gol. Namun, kali ini penjaga gawang Madura United Angga Saputra berhasil lebih cepat menghalaunya.
Situasi berbalik memasuki menit ke-45+1 saat injuri time. Upaya penetrasi penyerang Madura United Greg Nwakolo dilanggar bek Bali United di area kotak penalti. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Fabiano Beltrame yang ditunjuk sebagai algojo penalti sukses mengubah papan skor untuk keunggulan Madura United 2-1 dan bertahan hingga turun minum.

Baca Juga :  Gandeng SOLOPEDULI, SOLUSI ZAKAT Salurkan Sembako Dan Uang Santunan Anak-anak Yatim

Jalannya Babak Kedua

Memasuki babak kedua, para pemain Bali United mencoba menguasai permainan sejak awal babak kedua dimulai.
Para pemain tengah Bali United Velden dan Fadil Susu berupaya membangun serangan untuk memberikan umpan yang ditujukan kepada Spasoaevic. Namun, berbagai upaya serangan yang telah dilakukan masih terlalu mudah dihalau barisan pertahanan Madura United. Setelah melakukan berbagai upaya serangan, pada menit ke-68 Bali United berhasil menyamakan skor 2-2.
Gol kedua Bali United tercipta memanfaatkan bola liar dari tendangan penjuru. Pemain Bali United, Agung Setya Budi melepaskan sepakan keras ke gawang Angga Saputra. Kedudukan imbang menjadi 2-2. Memasuki menit selanjutnya, baik penyerang dari Bali United dan Madura United terus membangun serangan. Kedudukan skor 2-2 bertahan hingga 90 menit waktu normal. Pertandingan harus diteruskan melalui adu penalti.

Baca Juga :  Komandan Lanud Adi Soemarmo Buka Pendidikan Setukba Angkatan ke-37

Drama Adu Penalti

Di babak adu penalti, seluruh algojo dari Bali United yakni, Stefano Lilipaly, Kevin Brands, Fadli Sausu, Taufiq dan Van Der Velden berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.
Sedangkan eksekutor dari Madura United hanya empat eksekutor yang sukses menjalankan tugasnya. Mereka yang menjalankan tugasnya dengan baik diantaranya Benny Wahyudi, Engelberd Sani, OK John dan Fabiano Beltrame. Namun, satu eksekutor dari Madura United yang gagal menjalankan tugasnya yakni Marcel Sacramento.
Dengan kemenangan ini Bali United berhak memiliki tiket ke laga semifinal Piala Presiden 2018.

Satria Utama