JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Guru SD Muhammadiyah PK Solo Luncurkan Tiga Buku

dok SD Muh PK
dok SD Muh PK

SOLO-Guru Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Khusus (PK) meluncurkan buku karya mereka. Ada tiga buku karya guru yang diluncurkan, yang merupakan ontologi kumpulan tulisan yaitu buku dengan judul “Berguru pada Murid”, buku “Dendang Surga” karya Haryadi, dan buku “Berani Memulai” karya Andi Arfianto.

Ketiga buku tersebut merupakan hasil refleksi para guru dari pengalaman sehari-hari mereka berinteraksi dengan murid. Peluncuran tersebut dikemas dalam bentuk talk show dengan tema “Bijak dan Cerdas dalam Berinternet Sehat pada Anak”, Sabtu (24/2/2018) lalu di Ballaroom Hotel Sahid Jaya bertepatan dengan Milad ke-18 SD Muhammadiyah PK.

Baca Juga :  Catat Tanggalnya, Simak Ketentuannya, Kemendikbud Buka Program Beasiswa Unggulan 2020

Dalam siaran persnya yang diterima redaksi Joglosemarnews, Selasa (28/2/2108) disebutkan, peluncuran buku dilakukan oleh Tridjono, Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta, Budi Paryono, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Laweyan, dan Titik Sayekti, Pengawas Gugus 1 UPT Pendidikan Kecamatan Laweyan.

Muhammad Arifin, Humas SD Muhammadiyah PK mengatakan untuk narasumber dalam talk show adalah Susatyo Yuwono, dosen Fakultas Psikologi UMS, Nur Silaturrahmi, dosen Ma’had Abu Bakar putri, Andri Rosandri, relawan TIK Jawa Tengah, dan moderator dokter Andri Putranto.

Nur Silaturrohmah, menyampaikan pentingnya sikap keterbukaan dalam keluarga. “Sikap muraqabatullah, merasa selalu diawasi oleh Allah harus selalu ditanamkan dan dipupuk dalam keluarga,”ungkapnya.

Baca Juga :  Beberapa SMKN di Yogyakarta Mulai Pembelajaran Tatp Muka Terbatas

Sedangkan Susatyo Yuwono lebih menekankan pentingnya bertutur dan berpikir positif terhadap anak. “Perlu ada kesepakatan bersama dalam keluarga tentang penggunaan gadget dalam keluarga, selain itu orang tua juga harus komitmen dengan kesepakatan tersebut,” katanya.

Nur Salam, Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat menyatakan resepsi milad ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang sudah berlangsung sebelumnya. “Pekan kemarin kami mengadakan gerakan wakaf buku yang akan disalurkan kepada daerah-daerah yang membutuhkan,” uangkapnya. (Marwantoro)