JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Indahnya Air Terjun Seloresi, Destinasi Wisata di Lereng Selatan Gunung Lawu

Pengunjung menikmati keindahan air terjun Seloresi.JSNews/Aris Arianto
Pengunjung menikmati keindahan air terjun Seloresi.JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Air terjun Seloresi di lereng selatan Gunung Lawu kini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kecamatan Slogohimo.

Obyek wisata air terjun Seloresi di Desa Setren Kecamatan Slogohimo, kini mulai banyak dikunjungi warga.
Kepala Desa (Kades) Setren, Sri Purwanti mengungkapkan, air terjun setinggi 50 meter yang berlokasi di Dusun Salam itu kini menjadi primadona warga sekitar hingga luar kecamatan.

“Sudah mulai banyak yang mengunjungi. Tahun baru juga sampai penuh,” ungkap Sri Purwanti, Sabtu (17/2/2018).

Obyek wisata yang terbilang baru itu berada di lereng perbukitan hijau nan dingin. Untuk sampai di lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki melewati pematang sawah, jalan setapak, hingga menyeberangi sungai. Jarak perjalanan sekitar 1,6 kilometer.

Baca Juga :  Dari Operasi Zebra Candi 2020 Wonogiri, Tim Sukses Jaring 28 Pelanggar Lalu lintas dan 12 Warga Tak Pakai Masker

Sudah dibangun sejumlah jembatan bambu di atas aliran sungai kecil menuju lokasi air terjun. Warga juga sudah mendirikan semacam balai bambu di beberapa titik untuk tempat beristirahat pengunjung.

“Kami mengharap ada bantuan dari pemerintah. Rencananya nanti dikelola warga atau BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Kami siap memberikan pemasukan ke kas daerah,” ujar dia.

Baca Juga :  Kapan Car Free Day atau Car Free Sunday Wonogiri Dibuka Kembali? Simak Penjelasan Pemkab Berikut ini,Kuy

Salah satu pengunjung, Suci menyebutkan, lokasi kedung di bawah air terjun perlu diperluas. Dengan demikian, ada cukup arena bermain pengunjung di dalam air sambil menikmati pemandangan sekitar.

“Saya tadi sempat lihat seperti lutung. Malah ada juga semacam tupai terbang yang baru kali ini saya lihat,” sebut dia.

Menurut dia, silahkan saja pemerintah setempat mengembangkan obyek wisata air terjun Seloresi. Yang penting tutur dia, pengembangan harus tetap berprinsip tidak mengubah keasrian dan kealamian lokasi sekitar. Aris Arianto