JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pingin Daftar SIM Lebih Cepat Tanpa Antri. Silakan Ikuti Program Ini?

Ilustrasi program Babinkamtibmas dikerahkan Antar SIM ke rumah warga. Foto/JSnews
ย ย ย 
Ilustrasi program Babinkamtibmas Antar SIM C ke warga. Foto/JSnews

SRAGEN– Masyarakat Sragen yang super sibuk dan ingin mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) ย kini tak perlu lagi susah-susah antri. Pasalnya, ย Polres Sragen sudah membuat aplikasi layanan pendaftaran SIM secara online yang diberi nama aplikasi SIDORA.

Kapolres Sragen, ย AKBP Arif Budiman mengungkapkan layanan aplikasi SIDORA itu sengaja didesain sebagai bentuk inovasi pelayanan Polres Sragen dalam mengurus SIM baik SIM baru atau perpanjangan.

Aplikasi SIDORA dirintis sebagai respon kemajuan teknologi untuk membantu kemudahan pelayananย ke masyarakat. Lewat aplikasi itu, ย masyarakat bisa mendaftar SIM lewat HP tanpa harus capek-capek antri atau datang ke Kantor Pelayanan SIM di Polres.

โ€œDengan program Sidora ini pelayanan SIM akan lebih mudah, karenaย kita kemas secara online . Warga yang akan mendaftar SIM tinggal mengunduh aplikasi SIDORA di Playstore kemudian tinggal mendaftar,” ujar Kapolres.

Baca Juga :  Media Sragen Terkini (MST HONGKONG), Grup Pertama yang Terdaftar di Kemenkumham dan Memiliki Anggota Terbanyak di Kota Sragen

Kapolres menguraikan Program aplikasi Sidora juga ย sebagai tindak lanjut dari program Promoter yang digulirkan Kapolri dengan pelayanan masyarakat berbasis IT. Melalui aplikasi ini paraย pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) bisa mendaftar dari mana saja,ย sehingga akan lebih efisien dan mengurangi antrean.

Kasatlantas Polres Sragen, ย AKP Dwi Erna Rustanti menambahkan masyarakat yang tidak mempunyai banyak waktu untuk datangย langsung ke Kantor SIM Polres Sragen bisa mendaftar melalui aplikasiย Sidora tersebut. Pelayanan itu diperuntukkan bagi warga yangย menggunakan handphone android.

โ€œCaranya, terlebih dahulu pemohon SIM harus men-download terlebihย dahulu aplikasi Sidora melalui play store yang tersedia dalam HPย android. Kalau sudah berhasil dibuka nanti ada aplikasi pendaftaranย SIM. Selanjutnya kita diminta mengisi identitas diri dan alamat email.ย Dari aplikasi itu sudah jelas, silahkan didaftar dan akan diterimaย mail kita,โ€ jelasnya.

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Langkah selanjutnya, kata Erna, nanti pemohon tinggal datang ke Kantorย SIM untuk langsung foto. Namun sebelumnya harus membawa dulu suratย keterangan sehat dari dokter sebagai syarat permohonan SIM.

Selain lebih praktis, ย pendaftar SIM lewat SIDORA bisa menentukan sendiri waktu ujiannya. Mereka juga akan mendapat kesempatan dilayani lebih awal karena sudah mendaftar duluan.

โ€œProses ini lebih cepat. Apalagi untuk pemohon perpanjangan SIM bisaย ditunggu dan langsung jadi. Tapi bagi pemohon baru setelah foto, nanti tetap harus mengikutiย tahapan ujian teori dan praktek,โ€ paparnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com