JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pingin Daftar SIM Lebih Cepat Tanpa Antri. Silakan Ikuti Program Ini?

Ilustrasi program Babinkamtibmas dikerahkan Antar SIM ke rumah warga. Foto/JSnews
Ilustrasi program Babinkamtibmas Antar SIM C ke warga. Foto/JSnews

SRAGEN– Masyarakat Sragen yang super sibuk dan ingin mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM)  kini tak perlu lagi susah-susah antri. Pasalnya,  Polres Sragen sudah membuat aplikasi layanan pendaftaran SIM secara online yang diberi nama aplikasi SIDORA.

Kapolres Sragen,  AKBP Arif Budiman mengungkapkan layanan aplikasi SIDORA itu sengaja didesain sebagai bentuk inovasi pelayanan Polres Sragen dalam mengurus SIM baik SIM baru atau perpanjangan.

Aplikasi SIDORA dirintis sebagai respon kemajuan teknologi untuk membantu kemudahan pelayanan ke masyarakat. Lewat aplikasi itu,  masyarakat bisa mendaftar SIM lewat HP tanpa harus capek-capek antri atau datang ke Kantor Pelayanan SIM di Polres.

“Dengan program Sidora ini pelayanan SIM akan lebih mudah, karena kita kemas secara online . Warga yang akan mendaftar SIM tinggal mengunduh aplikasi SIDORA di Playstore kemudian tinggal mendaftar,” ujar Kapolres.

Baca Juga :  Semua Pegawai dan Nakes Sembuh dari Covid-19, Dirut RSUD Sragen Pastikan Kondisi Sudah Aman. Masyarakat Diminta Tak Takut Lagi Berobat ke RSUD!

Kapolres menguraikan Program aplikasi Sidora juga  sebagai tindak lanjut dari program Promoter yang digulirkan Kapolri dengan pelayanan masyarakat berbasis IT. Melalui aplikasi ini para pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) bisa mendaftar dari mana saja, sehingga akan lebih efisien dan mengurangi antrean.

Kasatlantas Polres Sragen,  AKP Dwi Erna Rustanti menambahkan masyarakat yang tidak mempunyai banyak waktu untuk datang langsung ke Kantor SIM Polres Sragen bisa mendaftar melalui aplikasi Sidora tersebut. Pelayanan itu diperuntukkan bagi warga yang menggunakan handphone android.

Caranya, terlebih dahulu pemohon SIM harus men-download terlebih dahulu aplikasi Sidora melalui play store yang tersedia dalam HP android. Kalau sudah berhasil dibuka nanti ada aplikasi pendaftaran SIM. Selanjutnya kita diminta mengisi identitas diri dan alamat email. Dari aplikasi itu sudah jelas, silahkan didaftar dan akan diterima mail kita,” jelasnya.

Baca Juga :  Gagal Usung Calon, Kader dan Simpatisan PKS di Sragen Dihimbau Tetap Konsisten Taati Keputusan Abstain pada Pilkada

Langkah selanjutnya, kata Erna, nanti pemohon tinggal datang ke Kantor SIM untuk langsung foto. Namun sebelumnya harus membawa dulu surat keterangan sehat dari dokter sebagai syarat permohonan SIM.

Selain lebih praktis,  pendaftar SIM lewat SIDORA bisa menentukan sendiri waktu ujiannya. Mereka juga akan mendapat kesempatan dilayani lebih awal karena sudah mendaftar duluan.

“Proses ini lebih cepat. Apalagi untuk pemohon perpanjangan SIM bisa ditunggu dan langsung jadi. Tapi bagi pemohon baru setelah foto, nanti tetap harus mengikuti tahapan ujian teori dan praktek,” paparnya. Wardoyo