JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SD Marsudirini Heboh! Ouw, Ternyata Ada Dalang Cilik Manggung di Sana…

Joglosemarnews/Suhamdani

SOLO –  Hari Jumat (9/2/2018) terasa sangat meriah di SD Marsudirini Surakarta. Alunan gamelan bertalu-talu bersaing dengan suara sang dalang cilik,  Satria Qolbun Salim, siswa kelas 6 SDN Laweyan 54 Surakarta.
Anak-anak dari TK/SD Marsudirini Surakarta pun bersorak-sorak dengan gembira. Pentas dalang bocah tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan 64 Tahun (Tumbuk Ageng) Yayasan Marsudirini Surakarta.

Joglosemarnews/Suhamdani

Penanggungjawab Yayasan Marsudirini Surakarta Sr M Crescentia OSF SPd dalam kata sambutannya mengatakan, peringatan Tumbuk Ageng Yayasan Marsudirini di Surakarta berlangsung selama tiga hari, dari Jumat (9/2/2018) hingga Minggu (11/2/2018).
“Tumbuk Ageng, usia 74 tahun merupakan waktu yang istimewa sehingga perlu diperingati dengan meriah, namun tanpa kehilangan makna cinta kasih dan pelayanan sebagaimana yang kita  imani selama ini, ” ujarnya.
Sementara Ketua Panitia Tumbuk Ageng, Maria Irena Hendriyanti mengatakan, rangkaian Tumbuk Ageng diawali dengan Misa Syukur di Gereja St Antonius Purbayan Jumat pagi, dilanjutkan dengan pentas dalang bocah, workshop wayang dan pentas karawitan para siswa SMP Marsudirini Surakarta.
“Pentas dalang bocah ini penting bagi anak-anak agar mereka tidak lupa pada warisan luhur budaya bangsa,” ujarnya.
Selain pentas dalang bocah, ujar Maria, rangkaian kegiatan lainnya adalah festival dolanan tradisional anak yang menempati area halaman SD Marsudirini, Sabtu (10/2/2018), serta  gelaran  Fun, Love and Charity Walk di area Car Free Day (CFD) pada  Minggu (11/2/2018).
“Selain memotivasi anak- anak untuk cinta budaya bangsa, kita juga ajak mereka untuk cinta lingkungan. Makanya, dalam acara jalan sehat besok, anak- anak akan kita ajak untuk memunguti sampah di sepanjang jalan yang mereka lalui, lalu dimasukkan ke tempat yang semestinya,” beber Maria. Suhamdani

Baca Juga :  Catat Tanggalnya, Simak Ketentuannya, Kemendikbud Buka Program Beasiswa Unggulan 2020

Comments are closed.