JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

10 Profesi Paling Membuat Stres

Ilustrasi. Foto: pexels.com

 

Ilustrasi. Foto: pexels.com

Tuntutan pekerjaan bagi sebagian orang merupakan beban dan membikin stress. beberapa pekerja mengalami stres yang lebih parah dibanding pekerja lain, terutama karena jenis pekerjaan yang menuntut tenggat waktu, memiliki risiko fisik, dan masalah publik.

Setiap tahun, Career Cast membuat daftar pekerjaan yang paling membuat stres. Begitu juga pada 2017, mereka mengeluarkan daftar 10 jenis pekerjaan yang paling bikin stres.

Untuk mengembangkan daftar tersebut, Career Cast menganalisis pekerjaan berdasarkan 11 faktor, termasuk potensi bepergian, pengembangan karier, persaingan, tenggat waktu, risiko cedera atau kematian, risiko terhadap faktor kehidupan yang lain, dan bekerja di ruang publik.

Berdasarkan analisis Career Cast, semakin banyak faktor yang masuk dalam potensi pekerjaan itu, semakin membuat stres pekerjaan tersebut. Berikut ini jenis pekerjaan yang paling membuat stres, seperti dilansir Glamour.

1. Tentara
Apa pun kesatuannya, angkatan laut, darat, ataupun udara, menjadi anggota militer dianggap paling bikin stres. “Pekerjaan ini memiliki risiko tinggi yang membahayakan fisik diri sendiri atau orang lain,” tulis Career Cast.

Baca Juga :  228 Tenaga Kesehatan Dilaporkan Meninggal Akibat Covid-19, Termasuk 9 Dokter Gigi dan 8 Guru Besar. IDI Sebut Masyarakat Banyak yang Tak Patuh Protokol Kesehatan

2. Pemadam kebakaran
Seperti anggota militer, menjadi petugas pemadam kebakaran juga memiliki risiko yang sama besarnya, termasuk menyelamatkan nyawa dan harta orang lain.

3. Pilot
Bepergian dengan pesawat terbang memang lebih aman daripada mengemudikan mobil sendiri. Namun, coba bayangkan lah tekanan yang dipikul pilot dalam menerbangkan ratusan orang dengan selamat dan terhindar dari malapetaka.

4. Polisi
Petugas kepolisian menanggung stres yang sama dengan tentara dan petugas pemadam kebakaran. Namun, Career Castjuga mengingatkan banyak orang yang mendapat kepuasan luar biasa dari pekerjaan dengan tingkat stres yang tinggi dan berbahaya.

5. Kordinator acara
Merencanakan sebuah acara yang bagus dan sempurna jelas tidak mudah. Satu kesalahan kecil akan merusak reputasi dan membuat kita harus menghadapi sederet wajah marah.

Baca Juga :  Hasil Penelitian di Inggris Klaim Temukan Titik Kelemahan Virus SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19

6. Wartawan media cetak
“Bekerja dengan tenggat waktu yang ketat dan kekhawatiran ada tuntutan hukum atau pengurangan karyawan sungguh membuat stres,” kata Career Cast.

7. Eksekutif perusahaan
Menjalankan perusahaan tidak seperti berjalan di taman. Meski bergaji besar, profesi ini juga menuntut tanggung jawab yang sangat besar, jangan sampai perusahaan merugi.

8. Humas
Seperti wartawan, petugas humas juga bekerja di area publik dan dikejar tenggat sehingga berpotensi menyebabkan stres.

9. Sopir taksi
Berputar-putar menyusuri jalan-jalan di kota sungguh membuat stres, apalagi dengan tingkat kemacetan yang makin tinggi serta cuaca buruk. Belum lagi para supir ini harus bersaing dengan moda transportasi berbasis online.

10. Reporter media elektronik
Tak berbeda dari wartawan media cetak, reporter media elektronik juga dikejar tenggat dan kekhawatiran akan tuntutan hukum bila salah membuat berita.

www.tempo.co