JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Mengenal Sosok Ahmad Aziz Habibulloh, Si Jenius Asal SMAN 1 Sragen. Kuasai 6 Mapel, Sukses Raih 113 Penghargaan Nasional hingga Internasional Hanya dalam Setahun Pandemi

Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati saat menyerahkan penghargaan siswa berprestasi kepada Ahmad Aziz Habibulloh, siswa Kelas XII asal Tanon dalam HUT SMAN 1 Sragen, kemarin. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar menggembirakan kembali datang dari SMAN 1 Sragen. Seolah tak henti menelorkan prestasi, SMAN terfavorit di Bumi Sukowati itu kembali melahirkan sosok siswa penuh talenta.

Dia adalah Ahmad Aziz Habibulloh atau sering dipanggil Habib. Siswa kelas XII SMAN 1 Sragen asal Desa Gabugan, kecamatan Tanon, Sragen itu kembali membawa kabar membanggakan.

Si jenius asal Tanon itu meraih penghargaan dari sekolahnya yang merayakan HUT pada 31 Agustus 2021 kemarin. Reward itu diberikan kepada Habib atas pencapaian prestasi fenomenalnya selama menimba ilmu di SMAN 1 Sragen.

Dalam acara semarak HUT SMAN 1 Sragen kemarin, Habib meraih penghargaan sebagai siswa berprestasi atas pencapaiannya menduduki rangking 1 paralel di sekolahnya.

Prestasi tersebut diraih Habib usai mengantongi nilai rata-rata pengetahuan 93.87 dan keterampilan 93.00.

Namun bukan berhenti di situ saja. Peringkat pertama itu melengkapi pencapaian mengesankan yang ia raih di berbagai ajang kompetisi akademik yang diikutinya.

Selama duduk di SMAN 1 Sragen, Habib ternyata berhasil meraih 113 penghargaan perlombaan, baik di tingkat nasional maupun Internasional.

Hebatnya lagi, deretan prestasi itu diraihnya hanya dalam kurun setahun di masa pandemi Covid-19.

Prestasi terbaru, bulan lalu ia berhasil meraih 12 medali sekaligus dalam olimpiade online tingkat nasional jenjang SMA/Sederajat serentak se-Indonesia.

Apa yang diraih Habib memang terbilang fenomenal. Betapa tidak, prestasi itu ia raih lewat kompetensi yang tidak hanya dalam satu bidang atau mata pelajaran saja. Akan tetapi dalam 6 mata pelajaran sekaligus.

Penghargaan Internasional

Berdasarkan data dari SMAN 1 Sragen, 12 penghargaan yang terbaru itu antara lain adalah Gold medal, Silver medal, dan Bronze medal untuk Bahasa Inggris, Silver medal untuk History (Sejarah), Silver medal dan 2 Bronze medal untuk Sains.

Baca Juga :  Geger di Jembatan Gunung Kemukus Sragen, Warga Menemukan Pria Tanpa Identitas Dalam Kondisi Sakit, Polisi Dibantu Warga Lakukan Evakuasi

Lantas 2 Silver medal dan 1 Bronze medal untuk Matematika, Bronze medal untuk Biologi, dan Silver medal untuk Kimia.

Ini adalah prestasi yang sungguh istimewa, dikatakan istimewa karena kemampuan yang ia miliki tidak hanya bidang olimpiade saja, tetapi juga bidang sastra.

Ia pernah meraih Juara 1 dan Juara 3 serta sederet prestasi lainnya pada lomba cipta puisi tingkat nasional dan internasional, iapun pernah menyabet gelar “Favourite Poetry in Asian Poetry Writing Competition” dan “Third place awardee in International Competition Scientific Article Award”.

Bahkan karya puisinya tersebut telah dimuat dalam lebih dari 20 buku antologi puisi nasional maupun internasional.

Sebagai hadiah dari rentetan prestasi yang telah diraihnya sejak dahulu, ia pernah mendapat reward lomba berupa field trip dan paket ibadah umroh di luar negeri.

Yaitu Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Saudi Arabia. Hal ini ia dapatkan ketika masih duduk di kelas X, tepatnya pada tahun 2019.

Selain itu, ia bersama teman-temannya juga menerima hadiah sebagai Championship Lomba Poster Digital dan Runner-Up PUBG Mobile Tournament.

Pekan sebelumnya, Habib mendapatkan Juara Terbaik I dalam ajang lomba video kreatif Genius Content Creator yang diselenggarkan oleh Telkomsel Indonesia.

Lomba tersebut diikuti oleh siswa-siswi SMA/Sederajat se-Indonesia. Ia sebagai perwakilan SMAN 1 Sragen mendapat poin tertinggi di atas SMAN 1 Haharu, Sumba Timur dan SMAN 1 Temanggung, Jawa Tengah.

Tak hanya itu, di bulan September 2020 Habib juga meraih juara di lomba video. Habib berhasil meraih Juara III Lomba Video Kreatif Bahasa Prancis Tingkat SMA/SMK/MA kategori Penguasaan Pengetahuan dan Kepribadian yang digelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Prancis Provinsi Jawa Tengah bersama Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Baca Juga :  Momen Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi Hadiri Acara Bedoro Bersholawat Bersama Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf

“Alhamdulillah, senang bisa mendapat penghargaan dari sekolah. Terimakasih kepada orangtua, sekolah dan semua teman-teman yang selama ini memberi dukungan dan doa,” ujar Habib kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (2/9/2021).

Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati saat menyerahkan penghargaan siswa berprestasi kepada Ahmad Aziz Habibulloh, siswa Kelas XII asal Tanon dalam HUT SMAN 1 Sragen, kemarin. Foto/Wardoyo

Didampingi sang ibu, Mursini, Habib juga tak lupa mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sragen.

Kemudian teman-teman alumni MTsN 2 Sragen yang selama ini banyak memberikan do’a serta dukungan kepadanya di berbagai ajang kompetisi.

Khususnya juga kepada teman sekolahnya yang senantiasa memberikan support.

“Kepada Bapak dan Ibu guru SMA Negeri 1 Sragen yang telah mendidik dan membimbing saya selama ini, kami juga sangat berterimakasih,” ujarnya.

Ia berharap semoga pencapaian ini menjadi motivasi dan semangat bagi pelajar yang lain untuk tetap semangat belajar, berkarya, dan berprestasi di tengah masa pandemi Covid-19 seperti ini.

Mendukung Penuh

Kepala SMAN 1 Sragen, Beti Marga Sulistyawati menyampaikan, sebagai guru sekaligus Kepala Sekolah dirinya memang berusaha mendorong Habib untuk meraih prestasi di luar sekolah sebanyak-banyaknya.

Dia juga selalu mendorong Habib untuk memaksimalkan bakatnya.

“Kemarin anak itu mencari info lomba sendiri kemudian minta izin bimbingan bersama guru. Kami fasilitasi dan ada guru Sains kami, Bu Anis Maryati, Bu Aisyah ST, Bu Lestari, Pak Bambang, dan Pak Subeno yang membimbing. Senang bisa dapat juara lagi,” tuturnya.

Beti menguraikan selama ini sekolahnya memang berupaya memfasilitasi bakat dan potensi siswa. Jika ada yang ingin maju lomba dan minta bimbingan, sekolah langsung menyediakan guru untuk membimbing.

“Ini prestasi yang bagus, di saat pandemi seperti ini, ada siswa kami yang tak henti menunjukkan prestasi. Dari sekolah memang sangat mendorong, siswa yang minta pendampingan akan kita siapkan. Nanti minta fasilitas apa, akan kita layani juga,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com