JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

14 Orang Tewas Tertimbun Longsor di Brebes, 4 Masih Misteri

Tribunnews

BREBES– Korban tewas dalam becana tanah longsor di Brebes, Jawa Tengah sampai kini ada 14 orang. Jumlah tersebut setelah ditemukannya satu orang korban lagi atas nama Rustam Rusyadi (47) warga RT 005/004 Desa Bentar, Kecamatan Salem, Brebes.

Meskipun tim SAR sudah menghentikan proses pencarian korban longsor, namun beberapa warga dibantu anggota TNI dan Polri masih menyisir beberapa titik untuk menemukan korban.

Komandan Satgas Penanganan Darurat Bencana Longsor Brebes yang juga Dandim 0713/Brebes, Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, mengatakan relawan yang terdiri dari anggota TNI dan Polri serta warga yang masih menyisir kawasan di titik longsor berhasil menemukan satu korban.

Baca Juga :  Kekeringan Melanda Grobogan, 80 Desa Alami Kekurangan Air Bersih, Bantuan 1.431.000 liter Air Bersih Telah Disalurkan

“Korban ditemukan di Kedung Lengsir di aliran Sungai Pangurudan, Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem,” kata Hadi, Sabtu (3/3/2018).

Lokasi penemuan korban tersebut berada di sekitar Sektor III pencarian tim SAR beberapa waktu lalu yang berakhir pada Rabu (28/2/2018).

Setelah ditemukan, jenazah dievakuasi kemudian dibawa ke Puskesmas Bentar untuk diidentifikasi.

Kondisi tubuh korban sudah rusak karena terendam air dan bercampur lumpur dari material longsor.

“Setelah dibersihkan dan diidentifikasi, jenazah diserahkan kepada pihak keluarga untuk disemayamkan,” ucap Hadi.

Ditemukannya Rustam, artinya ada empat orang yang masih dinyatakan belum ditemukan atau tidak diketahui.

Baca Juga :  I’am Pelgading, Wisata Alam Nan Menakjubkan

Mereka yang masih misteri adalah Haryanto, Suwirso (55) warga Desa Pasirpanjang; warga Desa Ciputih Marsui (64); warga Desa Salem Wastim Wahyu (48).

Pada Jumat (2/3/2018), seorang korban bernama Sujono (58) yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di Kantor UPT Pariwisata Waduk Malahayu ditemukan di bibir tebing titik longsoran Desa Pasirpanjang.

Dandim juga mengimbau warga yang bermukim di bantaran sungai berhulu di titik longsor untuk melihat lingkungan sekitar.
Korban longsor diduga ada yang terbawa aliran sungai hingga ke daerah di bawahnya.

www.tribunnews.com