JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Antisipasi Kekerasan Siswa, Sekolah Diminta Buat Peta Kerawanan

Polisi cilik, salah satu program unggulan Polres Wonogiri untuk memberikan kegiatan positif bagi anak
Polisi cilik, salah satu program unggulan Polres Wonogiri untuk memberikan kegiatan positif bagi anak

WONOGIRI-Kasus kekerasan terhadap anak masih beberapa kali terjadi di Wonogiri. Hal ini membuat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri menempuh kebijakan untuk mengantisipasinya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri, Siswanto mengatakan, kejadian-kejadian, baik kriminal maupun pencabulan di Wonogiri, kebanyakan terjadi pada anak-anak yang hidup sendiri. Lantaran ditinggal kedua orang tuanya merantau, sehingga pengawasan terhadap mereka pun berkurang.

Secara teknis pihaknya sudah meminta supaya Musyawarah Kerja Kepala Sekolah meneruskan ke sekolah agar segera memiliki peta kerawanan sekolah.
Peta kerawanan sekolah tersebut memuat titik-titik potensi terjadinya kekerasan maupun kenakalan siswa. Diantaranya memuat kelompok-kelompok atau geng yang ada di sekolah, lokasi tempat siswa nongkrong maupun membolos, maupun siswa yang terindikasi nakal, tertutup, atau pihak-pihak yang tidak berkepentingan namun kerap berinteraksi dengan siswa.

Baca Juga :  Kapolres Wonogiri AKBP Christan Tobing Tegaskan Tak Benar Kabar Salah Satu Paslon Datang Diiringi Ribuan Massa ke Kantor KPU, Dipastikan Pula Tak Ada Konvoi

“Ketika peta kerawanan sudah dimiliki, sekolah dapat mengetahui dengan cepat, siswa bergaul dengan siapa, kemudian kecenderungan perilaku dia itu dengan siapa. Karena itu awal bentuk sifat munculnya perilaku menyimpang, maka dengan dibuatnyapetakerawanan sekolah secara akurat kemungkinan hal-hal terburuk dapat teratasi,” tandas dia.

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

Selain itu pihaknya tengah melakukan upaya untuk menangani kekerasan terhadap anak dengan membuat sekolah ramah anak. Sudah ada beberapa sekolah yang menjadi proyek pilot. Sekolah semacam itu diperbanyak kegiatan positif untuk menangkal terjadinya kasus tersebut. Aris Arianto