JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Biar Rapi dan Elok Dipandang, Pasar Purwantoro Akan Dibuat Begini

Pedagang Pasar Purwantoro
Pedagang Pasar Purwantoro

WONOGIRI-Pasar Kecamatan Purwantoro dibangun menjadi dua lantai tahun ini. Untuk pengelolaan pedagang maupun dagangan, nantinya los dan kios menganut sistem zonanisasi.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Wonogiri, Guruh Santosa melalui Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Agus Suprihanto mengungkapkan, sistem zonanisasi perlu untuk penataan pedagang dan barang dagangannya. Tujuannya kios dan los pasar menjadi rapi serta enak dipandang.

Selain itu, zonanisasi bakal memudahkan pengunjung ketika berbelanja kebutuhan. Pun Pemkab Wonogiri juga mudah saat melakukan pembinaan pedagang.

Baca Juga :  Woro-woro Lur Warga Manyaran Wonogiri TMMD Sengkuyung III 2020 Digelar di Dusun Gembuk Desa Bero, Kendati Belum Dibuka Pekerjaan Fisik Sudah Dimulai

“Los dan kios kami bagi berdasarkan dagangannya. Nanti ada zona makanan, sayuran, pakaian, dan lainnya,” ungkap dia, Kamis (15/3/2018).

Dia mengakui, dari kalangan pedagang memang ada keinginan, penataan kios dan los tetap sama seperti sebelum dibangun, tanpa adanya zonanisasi. Namun demikian, pihaknya secara bertahap memberikan pemahaman kepada pedagang soal manfaat yang bisa didapat dari penerapan sistem itu.

“Secara prinsip semua pedagang setuju pasar dibangun. Ada 998 pedagang, terdiri dari 134 pedagang yang menempati kios, dan 854 yang menempati los,” ujar dia.

Baca Juga :  Dari Razia Masker di Pasar Purwantoro Wonogiri, ini Hukuman Bagi yang Kedapatan Tidak Memakai Masker Maupun Pemakaian yang Tidak Sesuai Ketentuan

Adapun pagu anggaran pembangunan Pasar Purwantoro adalah Rp 50 miliar. Pasar Purwantoro dibangun dua lantai agar mampu menampung seluruh pedagang.

Camat Purwantoro, Joko Susilo mengatakan, kondisi Pasar Kecamatan Purwantoro terlalu kumuh dan memprihatinkan. Pasar tersebut tidak mampu menampung seluruh pedagang. Akibatnya sering membeludak jika hari pasaran berlangsung setiap Legi dan Pon.

Selain itu, area parkir pasar terlalu sempit. Aris Arianto