JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Heboh Penampakan Cleret Tahun Si Tornado Jawa, Berputar Mirip Pusaran Air di Atas Waduk Gajah Mungkur

Penampakan peristiwa alam langka, cleret tahun di atas perairan Waduk Gajah Mungkur. Facebook/Kabar Wonogiri
Penampakan peristiwa alam langka, cleret tahun di atas perairan Waduk Gajah Mungkur. Facebook/Kabar Wonogiri

WONOGIRI-Masyarakat Jawa, termasuk Wonogiri memiliki sebutan khas untuk angin puting beliung atau tornado. Sebutan itu adalah cleret tahun.

Hingga kini, kendati beberapa kali memporakporandakan sejumlah daerah, penampakan cleret tahun
sangat jarang bisa tertangkap kamera. Tidak demikian yang terjadi di perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Kamis (1/3/2018) lalu. Si cleret tahun bisa terekam kamera video warga.

Rekaman berdurasi sekitar beberapa menit itu awalnya menunjukkan langit di atas perairan waduk yang sangat gelap. Selanjutnya muncul seperti tali berwarna putih dari awan dan menjulur ke bawah hingga menyentuh tanah.

Baca Juga :  Info Lur, TMMD Sengkuyung Dusun Gembuk Desa Bero Kecamatan Manyaran Wonogiri Resmi Dibuka, Proyek ini yang Dikerjakan

Kejadian langka ini tertangkap kamera warga dan pengunjung obyek wisata Watu Cenik, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Benda mirip tali berwarna putih itu meluncur ke sisi timur perairan Waduk Gajah Mungkur, tepatnya di sekitar, Kecamatan Nguntoronadi.

Warga sekitar Kecamatan Nguntoradi juga merekam fenomena unik itu. Selanjutnya rekaman diviralkan melalui media sosial.

Dalam grup facebook Kabar Wonogiri, peristiwa alam unik itu ramai diperbincangkan. Alun Teguh Saputro menulis,’Aq ngerti kwi asli dpan ku pas… Hari kamis jam 3 sore…dari atas langit ke wadok, Itu lur kejadian kemarin sore’, akun Fajar Setiawan menulis,’kjadian di dekat desa gebang kec nguntoronadi video sendiri’.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri, Ada Penambahan Kasus Baru Semuanya Dari Pelaku Perjalanan Zona Merah

Sementara akun Gambar Classic menulis komentar pada video yang diunggah,’Pengambilan gambar dari tenggah waduk gajah mungkur lurr ..
Monggo sg retos sebelah pundi sg kenek bencana mang tambahi lurr,’.

Informasi dari BPBD Wonogiri, pada Kamis lalu tidak terjadi kerusakan pada rumah warga akibat puting beliung. Namun demikian, warga diminta waspada terlebih cuaca masih ekstrim. Aris Arianto