loading...
Loading...

 

 Festival Buah 3 Jawa Tengah diselenggarakan di Taman Balekambang Solo, pada Sabtu-Minggu (3-4/3/2018). Foto: Jsnews A Setiawan

SOLO— Guna memperkenalkan produk buah lokal kushusnya di jawa tengah, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah menggelar even Festival Buah 3 Jawa Tengah dengan tema  Bangga Mengkonsumsi Buah Lokal.

Kegiatan yang  diselenggarakan  di Taman Balekambang Solo Sabtu (3/3/2018). Aneka lomba turut menyemarakkan even  ini, antara lain lomba buah unggulan, mengukir buah,  mewarnai, bursa buah, sayuran dan tanaman hias serta  klinik untuk konsultasi terkait buah dan sayuran.

Kepala Bidang di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) sekaligus ketua panitia, Catur Wahyudi menjelaskan festival buah ini diikuti oleh seluruh Dinas Pertanian dan Perkebunan di Jateng. Kegiatan diaksanakan selama dua hari, 3-4 Maret 2018 mulai pukul 08.00 .

“Kegiatan ini diksanakan untuk memamerkan buah yang potensi di jawa tengah, khususnya adalah buah lokal. Karena buah lokal adalah buah yang eksotis dan sehat dikonsumsi. Sehingga buah lokal bisa menjadi sebuah komoditas yang mempunyai nilai ekonomi dan membantu menikkatkan gizi pada masyarakat.” terang Catur

Baca Juga :  Puncak HUT TNI Ke 74, Lanud Adi Soemarmo Gelar Air Force 3 Fun 3 dengan Hadiah Utama 1 Unit Rumah

Dilanjutkan Catur Wahyudi, kegiatan ini adalah kegiatan yang ke-3, dan diselenggarakan di Kota Solo, yang ke-1 dan ke-2 di semarang. Atas permintaan dari gubernur pada saat itu nantinya acara ini akan keliling ke kota-kota yang ada di Jateng.

“Banyak upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Jawa Tegah dalam meningkatkan produksi dan kecintaan masyarakat terhadap buah lokal, salah satunya dengan festival ini” tukasnya.

“Acara ini sangat bagus, khususnya untuk memperkenalkan produk buah, sayuran maupun tanaman lokal di setiap kota. Jepara juga punya produk unggulan seperti durian, blimbing, manggis, dan jeruk.”Taufik dari Dinas KPP Jepara

“Lokasi dan penataan stan sudah sangat bangus, cuma besok minta tolong untuk rusa jangan dibiarkan berkeliaran dulu selama acara dan sebelum acara, soalnya kita tidak bisa menata stan dari kemarin karena takut kalau buah dan sayuran kami dimakan oleh rusa”. Imbuhnya.

Baca Juga :  Seleksi Panwascam Kota Solo Akan Diikuti 70 Pendaftar

Salah satu penggunjung Festival Rosikhun menuturkan “ kalau acara ini sangat menarik, kita bisa mengenal buah lokal yang ada di Jateng, tadi saya sempat mampir ke DKKP kudus dan menemukan buah yang unik, namanya buah parijoto. Bentuknya kecil dan berwarna unggu”.   A.Setiawan

Loading...