JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Lumpur 1200 Meter Kubik Bikin Kapasitas Bendung Gondangyoso Baturetno Tinggal 10 Persen, Pemkab Lalu Sediakan Dana Hampir 2 M Menanggulanginya

WONOGIRI-Kapasitas Bendung Gondangyoso, Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno kini tinggal 10 persen dari normal. Hal ini disebabkan adanya tumpukan lumpur atau sedimentasi pada dasar bendung serta kerusakan pada bangunan bendung.

Data dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Wonogiri, Bendung Gondangyoso normalnya bisa mengairi lahan sekitar 800 hektare. Namun gara-gara ada sedimentasi, kapasitas tinggal 10 persen, sekitar 80 hektare. Jumlah lumpur yang memenuhi dasar bendung mencapai 1200 meter kubik.

Kepala DPU Wonogiri, Sri Kuncoro, Jumat (23/3/2018), menyatakan siap merehabilitasi Bendung Gondangyoso Sendangrejo Kecamatan Baturetno. Dengan dibiayai pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) Rp 1,8 miliar lebih diharapkan bendung tadah hujan itu akan lebih optimal dalam mengoncori lahan pertanian hingga 600 hektare.

Baca Juga :  Pengesahan Warga Baru PSHT Wonogiri, Anggota Perguruan Luar Daerah Dilarang Masuk, TNI-Polri Pemkab Gelar Apel Siaga

Dia menyebutkan jika dimaksimalkan Bendung Gondangyoso, sebenarnya mampu mengairi lahan sawah hingga 800 hektare. Namun karena kondisinya yang rusak serta penuh sedimentasi membuatnya tak bisa maksimal.

Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU Wonogiri, Bowo Dwi Hartono, mengatakan, tahun ini sektor pengairan di daerah tersebut mendapatkan kucuran DAK 2018 sebesar  Rp 7,5 miliar lebih. Dari angka itu, untuk pengerjaan 10 paket atau proyek, dimana dana terbesar Rp 1,8 miliar dialokasikan untuk rehab Bendung Gondangyoso Desa Sendangrejo Kecamatan Baturetno ini.

Baca Juga :  Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020, Apa Saja Persiapan Tim Joko Sutopo-Setyo Sukarno Alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo Atau Harjo?

“Selain untuk membangun  jaringan irigasi sepanjang 800 meter lebih kami juga akan mengeruk lumpur yang selama ini memenuhi bendung hingga sebanyak 1.200 meter kubik,” kata dia. Aris Arianto