JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Penumpang Berperilaku Tak Pantas, PT KAI Ingatkan Fasilitas KA Milik Bangsa

SOLO-PT Kereta Api Indonesia mengingatkan penumpang Kereta Api (KA) untuk menjaga fasilitas kereta api. Pasalnya, fasilitas KA merupakan milik bersama yang digunakan untuk bersama pula.

Hal itu diungkapkan Manajer Humas DAOPS VI PT KAI, Eko Budiyanto menanggapi foto viral di media sosial dimana terlihat seorang penumpang memasuklam kakinya ke dalam kantung kursi. Padahal di kursi penumpang KA tersebut telah disediakan tempat kaki atau footrest.

“Sampai saat ini masih banyak ditemui perilaku-perilaku demikian ya, yang masuk dalam kategori tidak beretika. Padahal kan sudah ada footrest, tapi masih saja memasukkan kakinya di kantung kursi. Tentu saja itu berpotensi besar merusak kantong kursi,” urainya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (6/03/2018).

Eko menambahkan, tidak hanya memasukkan kakinya ke dalam kantung kursi, beberapa perilaku tidak beretika juga ditunjukkan oleh penumpang lain seperti naik ke kursi tanpa melepas sepatu, memaksakan penempatan koper atau tas ke bagasi, serta perilaku tak pantas lainnya. “Selama ini kami hanya sebatas memberikan peringatan saja, belum bisa memberikan sanksi,” paparnya.

Baca Juga :  Rekontruksi Penyerangan Mertodranan Solo, Tersangka Jalani 77 Adegan, Ternyata Provokasi Berawal dari Grup WA

Diakui Eko, pihaknya tidak dapat langsung memberikan sanksi terhadap perilaku-perilaku tersebut karena belum ada peraturan hukum yang mengaturnya.

Namun demikian, Eko berharap masyarakat luas dan para penumpang mampu menjaga semua fasilitas dalam KA demi kepentingan umum. Dan harus diketahui juga bahwa setiap tahun PT KAI menyiapkan dana khusus pemeliharaan fasilitas KA.

“Dan dana pemeliharaan fasilitas ini semakin tahun semakin meningkat. Karena komponen-komponennya selalu naik. Selain juga masih banyak juga dampak kerusakan-kerusakan akibat perilaku penumpang. Untuk itu, kami berharap para penumpang lebih memperhatikan etika demi kepentingan bersama karena ini milik bangsa,” tukasnya.

Baca Juga :  Diawali Suara Tembakan, Polisi Bubarkan Seribuan Anggota PSHT yang Berkumpul di Plaza Manahan, 5 Orang Diamankan

Sebelumnya, viral di medsos postingan dari IG @ics_infocegatansolo  tentang perilaku penumpang KA dengan caption #viral sudah disiapkan footrest di kereta api, penumpang ini malah memasukkan kakinya di Kantung kursi kereta api. Posisi seperti ini bisa merusak kantung kursi.

Postingan tersebut memicu berbagai reaksi dari netizen, ada yang bereaksi membela penumpang, namun ada juga yang menghujatnya. Seperti yang ditulis @purwito_zanuar : orang itu butuh selimut bukan bullyan hihihi. Ada pula dari @bulanjameela : kalo penumpang ky gini semua km bisa 365 hari lembur trs pa krn keretamu ajur wkwk.

Kritik juga dilontarkan @dukimas131 : wong katrok numpak kreto, nek atis iso sewa selimut. Kemudian ajakan menjaga fasilitas umum diperlihatkan IG @hanifmustofa_farizie : kok yo ora dirawati to lur lur…jaga fasilitas publik. Triawati PP