JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Program Kedokteran Paling Banyak Diminati Calon Mahasiswa Baru UMS

SUKOHARJO (JSNEWS)–Program Studi Kedokteran jadi jurusan yang paling banyak diminati calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Jumlah peminat tertinggi adalah program studi Kedokteran sebanyak 1.723 pendaftar dan lolos seleksi dan telah melakukan registrasi sebanyak 71 orang. Untuk program studi Kedokteran tersebut tinggal menyisakan 29% kursi yang belum terisi,” ungkap Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UMS Dr Triyono, Sabtu (3/3/2108).

Adapun peminat tertinggi kedua, menurut Triyono, adalah program studi Farmasi dengan pendaftar sebanyak 1.024 orang. Sebanyak 111 orang di antaranya telah lolos dan telah melakukan registrasi. Sisa kursi yang belum terisi sebanyak 38 persen.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Di urutan berikutnya adalah program studi Manajemen sebanyak 815 pendaftar dan telah lolos serta melakukan registrasi sebanyak 298 orang dengan sisa kursi sebanyak 15 persen.

Program studi Psikologi sebanyak 537 pendaftar dan lolos serta registrasi 185 orang, dengan sisa kursi tinggal 8 persen. Program studi Fisioterapi sebanyak 360 pendaftar, telah lolos dan registrasi 95 orang, tinggal sisa kursi 11 persen.

Program studi Hukum sebanyak 421 pendaftar, lolos dan registrasi sebanyak 156 orang, sisa kursi tinggal 40 persen. Untuk program studi lainnya sisa kursi antara 40–50 persen.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Triyono menambahkan, sejak dibuka pendaftaran awal bulan Januari 2018 lalu hingga memasuki bulan ketiga yakni awal Maret 2018, jumlah pendaftar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tercatat telah mencapai 5.500 pendaftar.

“Bahkan seleksi One Day Service (ODS) yang digunakan oleh UMS telah meloloskan sebanyak 2.435 calon mahasiswa baru. Angka 2.435 calon mahasiswa baru tersebut telah melakukan registrasi,” tambahnya. (Triawati Purwanto)