JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Renovasi Besar-besaran, Stadion Manahan Bakal Seperti GBK. Namun, Kapasitas Penonton Justru Akan Berkurang Menjadi 20.000 Orang

Stadion Manahan tampak megah dan mewah. Surakarta.go.id
Stadion Manahan tampak megah dan mewah.
Surakarta.go.id

SOLO-Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menegaskan Stadion Manahan, Solo akan direnovasi besar-besaran mulai bulan Mei mendatang, sehingga akan menjadi bak Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Bahkan, untuk mewujudkan stadion mewah tersebut anggaran renovasi yang siap dikucurkan oleh APBN Kementerian Pemuda dan Olahraga  capai Rp 200 Miliar.

Selain itu, karena proses renovasi direncanakan memakan waktu satu tahun, seluruh kegiatan yang selama ini dilakukan di stadion kebanggaan wong Solo itu akan dialihkan ke stadion Sriwedari, Solo. Termasuk atletik yang selama ini rutin berkegiatan di Manahan, akan dipindah ke Sriwedari.

Baca Juga :  Tingkatkan Layanan, Mandiri Syariah Buka Layanan di RS JIH Solo

Sejumlah renovasi yang akan dilakukan itu menurut orang nomor satu di Solo itu demi menciptakan stadion yang sesuai standar FIFA sehingga akan memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang menyaksikan pertandingan.

Secara detail Rudy memaparkan renovasi menyentuh pada bagian atap dan sejumlah sarana prasarana. Bila selama ini hanya tribun barat saja yang sudah tertutup atap, maka renovasi mendatang akan membangun atap stadion secara menyuluruh, mengelilingi seluruh tribun. Pergantian lintasan lari hingga lapangan sepak bola tak luput akan mendapat perombakan.

”Jadi nanti atap tribun melingkar seluruh stadion, karena tribun juga akan disambung. Nanti Stadion Manahan modelnya seperti GBK (Gelora Bung Karno-red). Seluruh anggaran dari APBN, kami tinggal terima jadi saja,” kata Rudy.

Baca Juga :  Sambut Maulid Nabi Muhammad, Habib Nyentrik Hasan Mulachela Berbagi Sembako ke Kampung Janda dan Panti Asuhan

Hanya saja, renovasi ini diakui Rudy  akan berdampak pada kapasitas stadion Manahan yang menurun, dari 25.000 penonton menjadi 20.000 penonton. Hal ini tak lepas dari adanya penambahan kursi tunggal atau single seat. Selama ini, hanya tribun barat baik VIP sayap maupun tengah yang sudah single seat. Sedangkan untuk lampu sekitar 1400 lux jadi lebih besar dari sekarang. Kiki Dian