JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Ribuan Lowongan Kerja dari 47 Perusahaan Dibuka di Job Fair Karanganyar. Simak Jadwal dan Lowongannya!

Ilustrasi pengunjung job fair yang hendak mencari pekerjaan di Sragen membeludak. Dok/JSnews
Ilustrasi pengunjung job fair membeludak. Dok/JSnews

KARANGANYAR — Pemkab Karanganyar dan Kementerian Ketenagakerjaan RI menggandeng 47 perusahaan lokal dan nasional pada Job Fair 2018 di Palur Plasa Karanganyar, Jumat-Sabtu (2-3/3/2018). Ada ribuan lowongan kerja yang disediakan dalam job fair tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki mengatakan dari puluhan perusahaan yang digandeng adalah berlatarbelakang perusahaan farmasi, perbankan, tekstil, asuransi, media massa elektronik, jasa transportasi, dan lain-lain.

Sasaran bursa lowongan pekerjaan itu adalah para lulusan SMA/SMK. Namun sejumlah perusahaan penyedia lowongan pekerjaan membutuhkan tenaga kerja keahlian khusus.

Menurutnya job fair digelar sebagai upaya mengurangi pengangguran. Sebab saat ini komposisi ketenagakerjaan di Karanganyar dirasa belum ideal. Sekolah di Kabupaten Karanganyar meluluskan ratusan siswa sekolah kejuruan setiap tahun.

Baca Juga :  87 Warga Karanganyar Terdata Gelar Hajatan Hari Ini dan Besok. Kepala Satpol PP Ingatkan Hajatan Hanya Siang Hari, Wilayah Terkonfirmasi Covid-19 Tidak Diizinkan!

“Jumlah pengangguran terbuka 16.815 orang dari total angkatan kerja 466.504 orang. Pemerintah wajib membuka lowongan pekerjaan seluas-luasnya untuk memberi kesempatan penghidupan lebih baik di tengah,” paparnya Jumat (2/3/2018).

Pelamar leluasa mengakses informasi, melamar, dan mengikuti proses rekrutmen pada perusahaan yang diinginkan. Mereka pun bisa menjajaki kesempatan melamar pada lebih dari satu perusahaan.

Waluyo menyebut sejauh ini minat calon pelamar tinggi pada hari pertama atau pembukaan job fair.

“Bidang ilmu terapan yang sesuai dan dibutuhkan perusahaan. Misalnya garmen atau tekstil dan administrasi,” ujar dia.

Dalam job fair itu,  sejumlah perusahaan memproses lamaran secara cepat. Pelamar dapat mengetahui hasil seleksi seusai mengikuti prosedur melamar pekerjaan. Dia memprediksi pencari kerja tidak hanya dari Karanganyar dan sekitarnya.

Baca Juga :  Awas, Tim Penindakan Terbentuk, Warga Karanganyar Tak Boleh Lagi Sepelekan Prokes. Nekat Gelar Acara Kerumunan, Bupati Sebut Bisa Dibubarkan Paksa!

“Prediksi saya ada yang dari Jawa Timur, lulusan sekolah kejuruan, diploma, sarjana. Silakan mendaftar di stan dengan membawa surat lamaran maupun mengisi data diri di meja panitia pendaftaran,” ungkap dia.

Waluyo menyampaikan tujuan bursa kerja kali itu mempertemukan langsung pencari kerja dan penyedia lowongan pekerjaan. Harapannya job fair 2018 dapat lebih banyak menyerap angkatan kerja untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Karanganyar.

Anda bingung mau nyari lowongan kerja,  silakan bisa datang ke Job Fair ini. Wardoyo