JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Tim Mahasiswa Unisri Raih Penelitian Terbaik, Ungguli Perguruan Tinggi Lain di Jateng

Anggota Tim Peneliti Mahasiswa Unisri Surakarta, yang memenangkan penelitian terbaik di Teras Jateng 2018
Anggota Tim Peneliti Mahasiswa Unisri Surakarta, yang memenangkan penelitian terbaik di Teras Jateng 2018

SOLO-Tim penelitian mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mengungguli perguruan tinggi lainnya di Jateng dalam ajang Temu Regional Administrator Jawa Tengah (Teras Jateng) 2018.

Penelitian berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Surakarta” yang dipresentasikan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta berhasil terpilih sebagai Penelitian Terbaik dalam ajang yang digelar di Universitas Tidar (Untidar) Magelang tersebut.

Penelitian tersebut merupakan hasil karya empat mahasiswa Program studi Ilmu Administrasi Negara, yakni Febriyitno, Novia Khoirunnisaa, Fauzi Sri Perdana Putra, dan Bintari Wahyuningtyas. Mereka dibimbing oleh Johan Bhimo Sukoco, S.Sos, M.Si selaku dosen Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri.

Baca Juga :  Uniba Solo Gelar Wisuda Sarjana Angkatan 47 Dengan Protokol Kesehatan Ketat

Menurut Febriyitno salah seorang mahasiswa peneliti, penelitian ini berangkat dari permasalahan belum optimalnya pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Surakarta.

“Dari 43.804 UMKM di Kota Surakarta yang ada, hanya 2.978 usaha saja yang sudah menjadi UMKM Binaan. Kuantitas ini menunjukkan terdapat sekitar 93 persen UMKM yang belum tersentuh pendampingan oleh pemerintah,” kata Johan.

Tim Penelitian Prodi Ilmu Administrasi Negara menggungguli tim-tim dari universitas lain seperti Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang, dan Universitas Tidar (Untidar) Magelang. Prestasi ini menggenapi raihan tim Unisri di tahun sebelumnya, yaitu Best Video Penelitian dalam Teras Jateng 2017.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

Kegiatan Teras Jateng 2018 ini, menurut Febriyitno, merupakan kelanjutan dari Keputusan Bersama Teras Jateng 2017 di Universitas Sebelas Maret. Dengan mengambil tema “Kebijakan Ketenagakerjaan untuk Meningkatkan Daya Saing di Jawa Tengah Menuju Indonesia Emas 2045”.

Adapun sub tema dibagi ke dalam 3 cluster, yaitu Sosial Budaya (Cluster 1), Ekonomi Politik (Cluster 2), dan Kelembagaan (Cluster 3). “Sementara Tim Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara Unisri berada dalam Cluster 2, yaitu Ekonomi Politik, dengan mengambil sub pengembangan ekonomi wirausaha,” kata Johan.(Triawati Prihatsari Purwanto)