JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Terima 7 Kursi Roda Disabilitas Dari Jepang

kiri menyerahkan ke ravik kanan. Foto: Dok UNS
Prof. Masakatsu Tozu,  pembina Yayasan Pelajar Peduli Disabilitas bertukar cenderamata dengan Rektor Universitas Sebelas Maret(UNS) Prof Ravik Karsidi.. Foto: Dok UNS

SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima sumbangan berupa tujuh kursi roda difabilitas dari yayasan pelajar peduli disabilitas Jepang. Penyerahan sumbangan dilakukan di ruang sidang 4 gedung dr prakosa UNS, Rabu (14/3/2018).

Penyerahan dilakukan tepat sebelum acara seminar Internasional yang digelar oleh Javanologi UNS. Sebanyak tujuh kursi roda dari Prof. Masakatsu Tozu sebagai pembina Yayasan Pelajar Peduli Disabilitas diserahkan kepada Rektor Universitas Sebelas Maret Prof Ravik Karsidi.

Selanjutnya, Rektor UNS menyerahkan kursi roda tersebut kepada tujuh penyandang difabilitas yang berasal dari beberapa kabupaten di Jawa Tengah antara lain SD SLB D YPAC Solo, SLB Sulaisa Wonogiri, SLBN Cendono Kudus, SLBN Jepara, SLBN Temanggung, SLB Sartika Ngawen Blora, dan SLB YPALB Karanganyar.

“Semoga sumbangan kursi roda untuk disabilitas bisa bermanfaat dan berguna, walaupun sekarang baru 7 kursi roda khusus anak-anak disabilitas yang disumbangkan oleh yayasan pelajar peduli disabilitas tapi untuk kedepanya jepang akan menyiapkan 80 kursi roda khusus anak-anak disabilitas”, ujar Prof Ravik Karsidi.

Baca Juga :  UMS Kirimkan Tiga Tim Robotic ke Kontes Robot Indonesia

Ditambahkan Masakatsu, pertimbangan pihak jepang memberikan kursi roda khusus anak anak, tersebut, karena .elihat di Indonesia belum banyak kursi roda khusus untuk anak-anak.

“Padahal di Jepang sangat banyak kursi roda anak-anak diproduksi dan lucu-lucu, ketika anak beranjak dewasa kursi roda juga berganti kursi roda khusus dewasa. Dan kualitas kursi roda di Jepang sangat bagus dibandingkan kursi roda buatan negara-negara lain”, imbuh Masakatsu Tozu, pembina Yayasan Pelajar Peduli Difabilitas. Triawati Prihatsari Purwanto