JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

315 Hektare Padi di Wonogiri Diserang 5 Jenis Hama

Gropyokan tikus di Desa Gemawang, Kecamatan Girimarto, Wonogiri
Gropyokan tikus di Desa Gemawang, Kecamatan Girimarto, Wonogiri

WONOGIRI-Ratusan hektare lahan padi di Wonogiri diserang hama. Tercatat lima jenis hama yang menyerang lahan di sebagian besar kecamatan Kota Mete tersebut

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Wonogiri Safuan menyebutkan, sedikitnya 315 hektare tanaman padi di daerahnya kedapatan terserang hama. Dari 25 kecamatan di kabupaten itu, serangan hama terjadi di 17 kecamatan dengan intensitas ringan dan sedang.

“Selain tikus hama yang banyak menyerang lahan padi adalah penggerek batang, wereng cokelat, BLB dan blas,” ujar dia, Minggu (15/4/2018).

Baca Juga :  Balap Lari di Wonogiri Ternyata Tanpa Hadiah Maupun Taruhan, Diselenggarakan Ketika Lalu lintas Sepi dan Hanya Mengejar Sehat

Menurut Safuan, 17 wilayah kecamatan yang menjadi korban serangan lima jenis hama itu masing-masing Pracimantoro, Giritontro, Giriwoyo, Batuwarno, Tirtomoyo, Nguntoronadi, Eromoko, Selogiri, Ngadirojo, Sidoharjo, Jatiroto, Kismantoro, Purwantoro, Bulukerto, Slogohimo, Girimarto dan Puhpelem.

Laporan serangan hama yang masuk sejak Januari hingga Maret lalu terinci serangan penggerek batang seluas 54 hektare, tikus 53 hektare, BLB 176 hektare dan serangan blas seluas 32 hektare.

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

Kendati luasan lahan yang terserang mencapai ratusan hektare, angka tersebut masih relatif kecil. Pun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap produksi padi.

Dia menandaskan, saat ini  pihaknya masih memiliki stok obat-obatan anti hama yang relatif cukup guna memenuhi permintaan pengobatan hama. Pihaknya siap mengajukan permintaan bantuan obat ke Pemprov Jateng jika memang stok di gudangnya menipis. Aris Arianto