loading...
Loading...
Ilustrasi/Tribunnews

Di zaman sekarang, ponsel tak lagi sekadar untuk telepon atau SMS saja. Kini, fungsinya sudah berkembang sangat kompleks, mulai dari komunikasi, berbelanja, bayar tagihan listrik, belajar hingga bermain bisa dilakukan dengan smartphone.

Fungsinya yang makin vital ini, mau tak mau membuat orang tak bisa lepas dari smartphone. Bahkan smartphone sudah jadi bagian hidup tak terpisahkan.

Meski kini jadi barang wajib yang dimiliki setiap orang, masih banyak orang yang tak terlalu peduli penggunaan smartphone. Beberapa orang punya kebiasaan yang membuat ponsel cepat rusak.

Walaupun sepele kebiasaan-kebiasaan ini sebaiknya tak dilakukan lagi. Berikut ini 5 kebiasaan sepele yang bisa sebabkan ponsel cepat rusak.

  1. Men-charger Smartphone Semalaman

Hampir setiap orang yang memiliki ponsel pasti pernah melakukan hal ini. Bahkan beberapa di antaranya sudah jadi kebiasaan. Padahal men-charger ponsel semalaman bisa merusak smartphone terutama bagian baterai. Usia baterai yang dicharger semalaman tidak akan bertahan lama alias cepat habis.

  1. Install Aplikasi Sembarangan

Ponsel-ponsel berbasis Android dimanjakan dengan beragam pilihan aplikasi gratis. Sayangnya, banyak orang yang sembarang mengunduh aplikasi di play store.  Resiko mengunduh aplikasi sembarangan adalah ancaman malware atau virus yang berbahaya. Tak cuma merusak smartphone, bisa-bisa data penting dicuri lewat virus tersebut.

  1. Tak Pernah Update Aplikasi

Tujuan adanya update aplikasi adalah untuk memperbaiki bugs. Jika tidak diperbarui, aplikasi tersebut tidak akan optimal. Otomatis performa smartphone akan melambat dan cepat rusak.

  1. Memori Internal Penuh

Jika ponsel tak memiliki memori eksternal, sebaiknya jangan sampai memori internal penuh. Memori internal yang penuh akan mempengaruhi kinerja smartphone. Lebih baik pindah file-file penting ke laptop atau komputer agar memori internal tak penuh. Jika tidak, sebaiknya pakai memori eksternal yang punya kapasitas besar.

  1. Membiarkan Ponsel Panas

Jika digunakan terus menerus, suhu ponsel akan naik. Ponsel akan mengalami overheat yang mempengaruhi kinerjanya. Jika dibiarkan terus-menerus smartphone akan cepat mengalami kerusakan. Efek paling buruk dari membiarkan ponsel panas adalah meledak! Wouw….

www.tribunnews.com

Loading...