JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ethiopia Tertarik Pellet Eceng Gondok Garapan Sidomuncul

PERTEMUAN-Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia Admasu Tsegaye saat bertemu dengan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat
   
PERTEMUAN-Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia Admasu Tsegaye saat bertemu dengan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat

 

JAKARTA-Pemerintah Ethiopia kesengsem dengan program PT Sidomuncul dalam mengatasi eceng gondok yang memenuhi Danau Rawa Pening di Semarang dan menjadikannya sebagi bahan bakar. Mereka pun belajar kepada Sidomuncul bagaimana menjadikan eceng gondok sebagai bahan bakar terbarukan (pellet).

Terkait hal itu, belum lama ini, Kedutaan Besar Ethiopia untuk Indonesia di Jakarta melakukan pertemuan khusus dengan manajemen PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, di Kantor Sido Muncul Jakarta.

Pertemuan antara Duta Besar Ethiopia untuk Indonesia Admasu Tsegaye (PhD) dengan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat ini membahas mengenai ketertarikan pemerintah Ethiopia terhadap Sido Muncul dalam menjadikan eceng gondok sebagai bahan bakar terbarukan (pellet).

Selama ini, Eceng Gondok hanya dijadikan bahan kerajinan tangan dan diambil bagian batangnya saja. Langkah ini tidak menyelesaikan masalah, karena batang yang dipotong akan muncul tunas-tunas baru.

Pada 19 Desember 2016 lalu, Sido Muncul menemukan pemecahan permasalahan eceng gondok dengan menjadikannya sebagai sumber energi baru. “Semua bagian dari eceng gondok dapat dijadikan produk bahan padatan (briket/biomas) yang berbentuk pellet untuk digunakan sebagai energi baru pengganti minyak maupun gas. Ternyata ide dan gagasan pemanfaatan Eceng Gondok dari Sido Muncul ini menarik perhatian dari Pemerintah Ethiopia untuk belajar langsung kepada Sido Muncul bagaimana cara mengatasi masalah tersebut,” ujar Irwan Hidayat dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Sabtu (31/3/2018).

Baca Juga :  Luhut Diminta Presiden Jokowi Koordinasikan Investasi Apple di IKN

“Kami sangat senang dan menyambut baik kedatangan Dubes Ethiopia. Apa yang kami lakukan dijadikan contoh bukan hanya di dalam negeri, tapi juga bagi negara lain, khususnya Ethiopia. Kami harap apa yang kami lakukan dapat diterapkan di danau lain yang mengalami permasalahan yang sama. Dengan meningkatnya permintaan terhadap pellet eceng gondok untuk bahan bakar, maka populasinya pun akan semakin berkurang dan kita bisa menyelamatkan sumber air serta membangun pariwisata setempat,” ujar Irwan Hidayat.

Baca Juga :  Anggap Sebagai Pihak Berperkara, Otto Hasibuan: Megawati Tidak Tepat Sebagai Amicus Curiae

Pemerintah Ethiopia juga menyampaikan bahwa danau-danau di Ethiopia memiliki permasalahan yang sama dengan Danau Rawa Pening, yaitu hampir seluruh permukaan danau tertutup eceng gondok.

“Kami belajar dari apa yang terjadi di Rawa Pening, tentang bagaimana Sido Muncul mengatasi masalah eceng gondok. Kami juga sudah melihat langsung kondisi di Rawa Pening dan bagaimana cara mengatasinya untuk diterapkan di danau-danau di Ethiopia yang mengalami kondisi serupa. Cara yang dilakukan Sido Muncul sangat baik karena bukan hanya membersihkan danau, akan tetapi juga menyelamatkan sumber air, termasuk membangun komunitas masyarakat di Rawa Pening,” jelas Admasu Tsegaya.

Rencananya, Pemerintah Ethiopia akan mendatangkan para ahli dari Ethiopia dan Kementerian ESDM untuk menemui Irwan Hidayat dan belajar mengenai pembuatan pellet eceng gondok langsung ke Pabrik Sido Muncul Semarang. Begitu juga sebaliknya, pemerintah Ethiopia akan mengundang pihak dari Sido Muncul berkunjung ke Ethiopia untuk bertukar pengalaman dan informasi.(Marwantoro)

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com