JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Ini Dia Mantu Zaman Now, Rambo Datang Tamu Gempar

Dok Suharno

SOLO – Perhelatan mantu sie Humas Ketoprak Seniman Muda Surakarta, Suharno, di Taman Budaya Jawa Tengah, Sabtu (7/4/2018) yang   menikahkan putri bungsunya, Amalia Safitri Kusuma Putri dengan manajer BUMDES Selokaton, Anton, menjadi gempar.

Saat  rombongan pengantin masuk tempat perhelatan, pasangan tersebut dikawal “Rambo”,  pahlawan fiksi Amerika.

Di era tahun 90 Rambo adalah judul film diperankan Sylvester Stollene menjadi box office di zamannya. Simbol keperkasaan Amerika ini, berwajah sangar dan berdarah dingin. Bertubuh perkasa, kekar, otot kawat balung wesi.  Selalu berhasil membantai musuhnya seorang diri di medan perang.

Namun di zaman now ini,  Rambo sebagai cucuk lampah. Tampil gemulai sesekali mengumbar senyum kepada tamu undangan. Diiringi tiga pengawal berwajah culun, lucu dan jenaka,  berbusana kejawen. Mereka sedang bertugas mengantar temanten ke pelaminan. Membuat sekitar 2.000 undangan gempar dan terpingkal-pingkal.

Baca Juga :  Gaet Pemilih Milenial, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa Bakal Gelar Konser Virtual

Pemilik hajatan, Suharno dalam rilisnya menjelaskan,  memang sengaja mengemas acara mantu dengan konsep yang melanggar pakem pernikahan adat Jawa.

” Selama ini resepsi pernikahan monoton dan membosankan. Bahkan jarang yang bisa menikmati. Hanya datang dan makan. Yang punya gawe sibuk dengan acara ritual, tamu undangan juga sibuk berbicara sendiri-sendiri. Kami membuat acara berbeda dan unik. Agar tamu undangan terhibur dan terkesan ,” ungkapnya.

Rambo diperankan binaragawan dari Nirwana Club, Agus Wahana yang beken disebut Rambo. Pria berusia 50 tahun ini selalu langganan juara binaraga baik tingkat provinsi maupun nasional.

Untuk membuat suasana segar juga dihadirkan Alkaline Nasyid.  Sajian musik juga dibesut berbeda. Musik nasyid  identik irama padang pasir. Ditampilkan dengan nuansa jawa. Personel nasyid memakai busana kejawen dan blangkon. Lagu yang dibawakan menggunakan lirik Jawa.

Baca Juga :  Sempat Diamankan, 27 Orang Termasuk Anggota PSHT Dipulangkan, Motor Tetap Ditahan

Tidak hanya itu. Masih ada lagi ! Orang Jawa bila mantu terakhir ada acara tumplak punjen dan begalan. Membagi-bagi hadiah peralatan rumah tangga, kepada tamu undangan dengan cara berebut.

Kemasan pun dibuat tampil beda. Yang punya gawe, Suharno yang juga dosen akuntansi Unisri ini, menyediakan  33 hadiah yang diperebutkan tamu undangan dengan quiz  yang lucu dan heboh, dipandu MC kondang dan kocak Buyunk Rahmansyah.

Suasana hajatan menjadi segar, sangat semarak dan penuh gelak tawa. Semua bisa gembira dan terhibur # Suhamdani