JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Sirup Bawang Putih

photomix ltd
photomix ltd

Saat ini kondisi lingkungan dan cuaca disekitar kita bisa dibilang tidak menentu. Disaat cuaca terik jalanan penuh debu, namun tak jarang hujan datang dengan tiba-tiba. Keadaan inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya flu atau tidak enak badan. Namun, tahukah Anda bahwa ada satu bahan super yang dapat ditemukan di dapur untuk meningkatkan kekebalan tubuh?

Jawabnya adalah bawang putih sudah dikenal sejak dulu sebagai obat yang berkhasiat mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk memperkuat kekebalan tubuh. Bumbu dapur yang merupakan bahan wajib dalam kuliner Nusantara ini memiliki berbagai khasiat, antara lain mengobati flu dan mengurangi tekanan darah.

Untuk Anda yang tidak doyan makan bawang putih mentah-mentah atau malas untuk mengubahnya menjadi masakan, cobalah membuat sirup bawang putih. Sirup yang sedang tren akhir-akhir ini memiliki jumlah manfaat yang sama dengan bawang putih mentah.

Baca Juga :  7 Tanda Anda Mungkin Pernah Terjangkit Virus Corona

Untuk membuatnya, cukup haluskan 7-8 siung bawang putih dengan masing-masing 200 mililiter madu dan cuka apel dengan blender, lalu simpan dalam kulkas selama 4 sampai 5 hari. Untuk menyajikannya, cukup campurkan dua sendok teh sirup tersebut dengan secangkir air putih.

Sama seperti bawang putih mentah, sirup ini memiliki sederet manfaat baik untuk tubuh. Berikut beberapa khasiat dari sirup bawang putih, seperti Boldsky.

1. Mengobati flu
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bawang putih sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bawang putih adalah antioksidan yang dapat mengatasi serangan batuk, pilek, serta infeksi. Sebuah studi bahkan menyebutkan bahwa bawang putih lebih ampuh 63 persen daripada obat-obatan alami lainnya.

Baca Juga :  IDI Laporkan 115 Dokter Meninggal Akibat Pandemi Covid-19, Sebut Setara 300.000 Rakyat Indonesia Kehilangan Pelayanan Kesehatan

2. Melawan hipertensi
Khasiat bawang putih yang mampu menurunkan tekanan darah sudah lama dikenal. Kandungan-kandungan nutrisi pada bawang putih, seperti magnesium, fosfor, dan alisin mampu mendorong dilatasi arteri atau pelebaran pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah menurun.

3. Mencegah Alzheimer
Beberapa penelitian mebuktikan bahwa kandungan dalam bawang putih dapat menghambat, bahkan mengembalikan kerusakan sel otak yang diakibatkan oleh polusi udara, termasuk asap rokok dan kendaraan. Kandungan antioksidan dalam bawang putih berguna untuk melindungi sel otak, sehingga penyakit-penyakit otak seperti Alzheimer, demensia, dan Parkinson akan terhindari.

www.tempo.co