JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Gembira, Pemerintah Bakal Naikkan THR PNS. Pensiunan Juga Dapat THR!

Ilustrasi Tunjangan PNS
Ilustrasi Tunjangan PNS

JAKARTA – Kabar gembira kembali bakal menghampiri kalangan PNS. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengusulkan kenaikan tunjangan hari raya (THR) untuk pegawai negeri sipil.

“Sudah dalam proses, tunggu saja,” kata dia di Hotel Grand Sahid Jakarta, Senin (30/4/2018).

Asman menargetkan sebelum hari raya Idul Fitri tunjangan tersebut sudah cair. Namun untuk nilainya anggarannya, Asman enggan untuk menyebutkan. “Doakan lebih tinggi dari tahun lalu, enggak bisa saya katakan persennya,” tutur Asman.

Baca Juga :  Terkuak Fakta Baru Kasus Mutilasi Kalibata City: Pelaku Cari Cara Memotong Mayat dari Medsos, Pakai Bubuk Kopi untuk Samarkan Bau

Pada 11 April lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah berencana menambah jumlah THR bagi aparatur sipil negara (ASN), termasuk pegawai negeri sipil PNS.THR yang akan diberikan terdiri atas gaji pokok ditambah tunjangan kinerja.

Asman menjelaskan pengajuan kenaikan THR berbarengan dengan pengajuan kenaikan tunjangan kinerja dan tunjangan keluarga.

“Pensiun juga diberikan THR,” ucap dia.

Baca Juga :  Menyusul Elemen Lain, FPI dan GNPF Desak Penundaan Pilkada 2020

Kepastian tunjangan tersebut, kata Asman, juga harus dilihat dari ketersediaan anggaran tiap-tiap kementerian.

“Mudah-mudahan lebih baik,” kata dia.

Selain soal THR, Asman mengatakan pemerintah tengah menggodok skema pembiayaan dana pensiun yang baru bernama fully funded untuk kesejahteraan pensiunan ASN. Asman mengatakan sistem fully funded adalah sistem pendanaan pensiun yang pembayarannya berasal dari iuran PNS dan pemerintah. Rencananya, skema itu akan diterapkan tahun ini. #Tempo. Co